Bangli Era Baru
Bupati Sedana Arta Dampingi Gubernur Bali Resmikan Tiga Gedung Baru di Kabupaten Bangli. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Gubernur Bali, Wayan Koster didampingi Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, tiga Gedung Baru di Kabupaten Bangli. Peresmian dipusatkan di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bangli, pada Jumat (30/12/2022).

Tiga gedung baru tersebut meliputi Gedung DPRD Bangli, Gedung Bhakti Mukti Bhakti (BMB) serta Gedung I A dan I B RSU Bangli. Acara peresmian diawali dengan upacara melaspas di masing-masing gedung.

Sebelum menuju RSU Bangli, Gubernur Wayan Koster melakukan peresmian di Gedung DPRD Bangli dan Gedung BMB. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita, serta dilanjutkan dengan peninjauan masing-masing gedung.

Acara peresmian dihadiri oleh Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, Ketua DPRD Bangli, I Ketut Suastika, seluruh anggota DPRD Bangli, Sekda Bangli, Forkopimda Bangli, seluruh kepala OPD Bangli, Camat se Bangli, Bendesa, Perbekel dan Lurah se-Bangli, serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu Gubernur Bali, Wayan Koster mengapresiasi gerak cepat Bupati Bangli. Karena sejak saat dilantik Pebruari tahun 2021, Bupati segera merombak APBD dan melakukan berbagai efisiensi.

“Sehingga dari hasil efisiensinya itu, bisa digunakan untuk penataan alun-alun Bangli menjadi ruang terbuka hijau yang sangat indah. Kemudian membangun gedung DPRD Bangli, gedung BMB Bangli, dan sekarang rumah sakit Bangli. Semuanya dilakukan dalam waktu dua tahun, dan ini sangat cepat. Karenanya saya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilaksanakan,” ucapnya.

Baca Juga :  Perjuangan Atlet Indonesia Di Asian Games 2018

Gubernur asal Desa Sembiran, Buleleng ini mengungkapkan rasa kagumnya terhadap Bangli. Yang sebelumnya kurang bergeliat dalam pembangunan, kini kotanya penuh dengan gedung-gedung megah.

“Seumur-umur saya, baru kali ini saya melihat di Bangli yang biasanya maong-maongan, sekarang ada gedung yang megah modern seperti ini. Maka banggalah menjadi warga Bangli, karena tidak salah memilih pemimpinnya. Ini juga tidak terlepas dari bimbingan saya dan koordinasi yang baik secara berkesinambungan,” ungkap dia.

Gubernur Koster menambahkan setelah memiliki gedung yang lebih representatif, diharapkan pada Bupati, anggota DPRD Bangli dan Direktur RSU Bangli wajib memfungsikan dengan optimal.

“Apalagi DPRD, gedungnya bagus harus rajin-rajin ngantor, jangan bolos-bolos serta produktif menghasilkan satu regulasi dan kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat,” tegasnya.

Sementara Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta mengungkapkan tidak ada sesuatu yang mustahil selama mau bekerja keras dan yakin. Spirit inilah yang mendorong untuk tetap berdiri tegak dan berlari bahkan melompat untuk mengejar ketertinggalan selama ini.

“Semangat jengah membangun Bangli senantiasa kita gelorakan untuk mewujudkan mimpi-mimpi besar kita,” ungkapnya.

Ditambahkan pula, Bangli sebagai kabupaten yang terletak di tengah-tengah pulau Bali, sebagai poros peradaban masyarakat Bali juga menuntut haknya untuk dibangun sejajar dengan kabupaten-kabupaten lain di Bali. Karenanya sebagai terobosan pembangunan, selama dua tahun kepemimpinan pihaknya telah melakukan berbagai program percepatan pembangunan. Baik itu dalam bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, ekonomi, pariwisata, dan infrastruktur publik.

Baca Juga :  K3S Denpasar Bantu Lansia dan Penyandang Disabilitas

Bupati Sedana Arta mengungkapkan pada tahun 2021 pihaknya telah sukses membangun program layanan publik. Seperti pembangunan alun-alun Kota Bangli dan penyediaan layanan pengaduan Bangli Era Baru 24 jam.

Pada tahun 2022 ini pihaknya juga telah melaksanakan berbagai program pembangunan. Seperti pembangunan Gedung DPRD, rehabilitasi gedung BMB, gedung perkantoran di Loka Crana dan Kelurahan Kubu, penataan taman kota, hingga rehabilitasi Pasar Kidul Bangli dan Pasar Kayuambua Susut, pembangunan Pasar Singamandawa Kintamani tahap I, pembangunan anjungan Penelokan, pembangunan pedestrian di sepanjang jalan raya Penelokan-Batur tahap I, pembangunan Sirkuit Drag Race, pengadaan lahan GOR seluas 5 hektare serta pembangunan gedung I A dan I B RSU Bangli.

Selain itu juga disampaikan pada tahun 2022 ini Bangli telah meraih berbagai penghargaan tingkat nasional. Diantaranya penghargaan realisasi peningkatan PAD tertinggi se Indonesia 2021 dari Kementerian Dalam Negeri, Peringkat ke-6 Nasional penyelenggaraan pelayanan publik dari 415 pemerintah daerah kabupaten dari Ombudsman RI, serta peringkat ke-2 penilaian kinerja pemerintah daerah bidang kebinamargaan untuk penyelenggaraan jalan tahun 2022 dari Kementerian PUPR.

“Berbagai prestasi yang diraih ini tentunya tidak terlepas dari dukungan seluruh stakeholder, termasuk juga dukungan dari pemerintah provinsi dan seluruh masyarakat Bangli. Dan di tahun 2023 nanti kami juga mohon dukungan dari bapak Gubernur Bali, stakeholder terkait dan seluruh masyarakat Bangli untuk mewujudkan berbagai mimpi dan cita-cita besar kami,” harapnya.

Baca Juga :  Prof. Purnomo Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Ilmu Taksonomi Tumbuhan

Beberapa mimpi yang akan diwujudkan tahun 2023 meliputi pembangunan Pasar Singamandawa Kintamani dengan anggaran DAK sebesar Rp75 miliar, pembangunan gedung dan fasilitas GOR di Kabupaten Bangli Rp7,5 miliar, pembangunan pedestrian Penelokan-Batur tahap 2 Rp12,5 miliar, pembangunan Mall Pelayanan Publik dari BKK Provinsi Bali Rp10 miliar, pembangunan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dari kementerian koperasi dan UKM, pembangunan sentra Industri Kecil Menengah di Kintamani, pembangunan Sasana Budaya, penataan kota kecamatan di Susut, Kintamani dan Tembuku.

“Selain juga penataan saluran drainase perkotaan Kabupaten Bangli yang menjadi kewenangan provinsi. Serta pembangunan gedung RSU Bangli tahap 2 untuk mewujudkan cita-cita besar kami menjadikan RSU Bangli sebagai pusat layanan kesehatan masyarakat di Bali timur pada umumnya,” papar Sedana Arta.

Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut ini menambahkan, RSU Bangli merupakan satu-satunya rumah sakit pemerintah yang ada di Kabupaten Bangli, dan merupakan rumah sakit pendidikan utama yang berkelas B sesuai hasil akreditasi pada bulan November.

“Sehingga dengan dibangunnya Gedung I A dan I B diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan sekaligus meningkatkan derajat masyarakat Bangli pada khususnya dan masyarakat Bali pada umumnya,” tandasnya.(an/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini