fogging
Antisipasi Demam Berdarah, Puskesmas II Denpasar Utara Lakukan Foging Focus. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam upaya menurunkan terjadinya angka kasus demam berdarah, pelaksana foging team dari Dinas Kesehatan Kota melakukan kegiatan foging di lingkungan Desa Pemecutan Kaja Kecamatan Denpasar Utara, Selasa (27/12/2022).

Koordinator Fogging Demam Berdarah, Dewa Juli mengungkapkan, kegiatan foging ini bertujuan untuk mengendalikan nyamuk dewasa atau untuk dapat membunuh (vektor) nyamuk dewasa yang berada di lingkungan penderita.

“Kegiatan ini merupakan langkah penting dalam mengantisipasi angka terjadinya penyakit demam berdarah. Kami pun juga bekerjasama dengan para jumantik dan Kepala Lingkungan/Kepala Dusun yg mewilayahi agar ikut memberikan edukasi langsung kepada warga,” kata Dewa Juli.

Dari kegiatan ini, hasil penyelidikan epidemiologi yang difogging ada 20 rumah dengan radius 100 meter dari rumah tersangka atau pasien DBD.

Baca Juga :  Polisi Periksa Identitas Buruh Potong Padi

“Kami menghimbau masing-masing lingkungan untuk selalu gotong-royong melakukan kebersihan lingkungan,” katanya.

Menghadapi tingkat kasus penyakit demam berdarah, pelaksana foging team dari Dinas Kesehatan Kota segera mengambil langkah cepat supaya nyamuk tidak berkembang.  Sebelum melaksanakan fogging team UPTD Puskesmas II Denpasar Utara melakukan penyelidikan epidemiologi (PE) di rumah penderita dan 100 meter radius dari rumah penderita, dan bila memenuhi syarat akan diinformasikan ke Dinas Kesehatan Kota untuk dijadwalkan fogging.

“Tindakan siaga yang dilakukan dalam menghadapi kasus demam berdarah ini yaitu dengan melakukan PSN Secara Efektif dan Intens, melakukan GERTAK Massal dan Larvasida Massal, melakukan edukasi ke masyarakat pada saat melakukan pemeriksaan PSN dan membentuk 1 jumantik 1 rumah (Kegiatan GEMAPETIK),” tutupnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini