Bakti Negara
Bakti Negara Desa Les usai mengikuti Kejurnas Wapres Cup 2022 di GOR Padepokan TMII, Jakarta. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Atlet silat Desa Les, Kecamatan Tejakula, Buleleng, Bali berhasil memboyong 14 medali emas dalam kejuaraan nasional (Kejurnas) piala Wakil Presiden (Wapres) Cup 2022 yang digelar di GOR Padepokan TMII, Jakarta. Tidak hanya medali emas pesilat dari perkumpulan Bakti Negara Desa Les ini juga berhasil meraih 2 medali perak dan 2 perunggu di Kejuaraan yang digelar dari 24 sampai 25 Desember 2022 tersebut.

Perbekel Desa Les Gede Adi Wistara saat dihubungi melalui telepon menyampaikan dalam Kejurnas yang diikuti sekitar 3.600 orang peserta itu, Ia memboyong sebajang 20 atlet dan 5 official. Para peserta yang ikut berlomba diantaranya terdiri dari siswa SD, SMP, SMA/SMK, dan Dewasa/Umum, mereka bertarung sekuat tenaga untuk bisa merebut medali di ajang Wapres Cup 2022.

“Kita berangkat dengan jumlah atlet sedikit dibandingkan peserta lain, dan kami bangga sekali ternyata atlet-atlet mampu meraih 14 medali emas, 2 medali perak, dan 2 perunggu,” terangnya Senin (26/12/2022).

Adapun nama-nama atlet peraih medali diantaranya untuk medali emas ditingkat SD ada Gede Roby Febo dan Gede Satria Gesha Wicaksana. Emas ditingkat SMP ada Luh Sandra Maharani, Luh Putu Dyah Sekar Jagat, Made Budi Arta Yadnyana, Gede Suta Tanaya, I Made Krisna Dwiatmika, Ketut Gusti Juli Artawan, Gede Taru Gunawan, Komang Cahaya Tri Pararta, dan Made Rendra Gunawan. Emas ditingkat SMA/SMK ada Ni Luh Luh Putri Kusuma Dewi, Ni Luh Seri Peri Artini, dan Made Ariawan Dana.

Baca Juga :  Desa Les Miliki Segudang Potensi Desa Wisata, UMKM dan Seni Budaya

Untuk nama peraih medali perak ditingkat SD ada Kadek Weda Ariana serta Nyoman Yudiantara. Ditingkat SMP Putu Juni Antari dan Ketut Rebiani. Sedangkan untuk nama peraih medali perunggu dewasa/umum ada dua orang yakni Made Budiarta Putra serta Made Sumedang.

Dalam Kejurnas itu, Adi Wistara mengakui jika atlet Bakti Negara Desa Les harus kalah di Semifinal tepatnya di kategori Dewasa/Umum saat melawan perwakilan Jawa Barat yang dinilainya cukup tangguh. Meski begitu melalui ajang Kejurnas ini pihaknya tetap berharap mental para atlet lebih meningkat dan kedepan bisa mempersembahkan yang lebih baik lagi.

Baca Juga :  Melaut, Dua Warga Desa Les Belum Kembali 

Prestasi Pencak Silat Desa Les ini, memang bukan yang pertama kali. Bangkit kembali sejak 2017 lalu dan resmi dikukuhkan tahun 2018 dengan total atlet sampai saat ini ada sekitar 50 orang mulai dari SD, SMP, SMA/SMK. Bakti Negara Desa Les sudah pernah mengharumkan Buleleng di tingkat Provinsi dalam ajang Kejurda Bali Open Competition 2022 yang berlangsung di GOR Lila Buana Denpasar dan berhasil keluar sebagai juara umum 2 kelas laga dengan raihan 18 emas, 3 perak, 2 perunggu.

“Kita juga sudah pernah mengikuti beberapa kejuaraan yang berlangsung di Provinsi maupun di Kabupaten dan terbaru Kejurnas Wapres Cup 2022. Untuk di Porprov Bali kemarin atlet kita belum bisa berpartisipasi dikarenakan umur,” imbuhnya.

Kini melalui raihan prestasi yang didapat pihaknya berharap kedepan agar Pemerintah Kabupaten Buleleng lebih memperhatikan tidak hanya di Pencak Silat namun olahraga lainnya. Perhatian itu kata Wistara mungkin bisa dalam bentuk pengalokasian dana yang dilebihkan dari sebelumnya.

“Kita tentu sampaikan terimakasih pula kepada sejumlah pihak yang mendukung para atlet agar bisa ikut berlaga di Kejurnas Wapres Cup 2022. Harapan kami ke depan bagaimana agar olahraga tidak hanya Pencak Silat bisa lebih diperhatikan lagi utamanya menyangkut pengalokasian dana,” pungkas Adi Wistara.(dar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini