dongeng
Tingkatkan Ketahanan Keluarga untuk Perangi Narkoba Melalui Dongeng Bersama Ando. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Winson the Storyteller Family bersama dengan GELAR (Gerakan Literasi Anak dan Remaja) ILUNI FIB UI, mengunjungi kantor BNNP Bali pada hari ini tanggal 15 November 2022. Dalam kunjungannya tersebut, dilakukan serah terima secara simbolis  sumbangan buku cerita dari GELAR ILUNI FIB melalui pihak Ando. Dan dalam kesempatan kali ini, bersama-sama mengangkat misi pentingnya mendongeng dan literasi untuk membangun dan meningkatkan ketahanan keluarga.

Ms. Wiwin, dari Winson the Storyteller Family, mengatakan, membangun dan menciptakan keluarga yang kuat merupakan cara satu-satunya untuk memerangi narkoba. Dan salah satu untuk membangun ketahanan keluarga adalah dengan meningkatkan literasi melalui dongeng.

“Dengan mendongeng, anak diajak untuk berpikir dan berimajinasi secara positif. Selain itu, mendongeng pun juga bisa memberikan inspirasi bagi anak-anak yang diharapkan bisa membawa mereka terhindar dari narkoba. Kali ini kami hadir ke BNNP untuk sama-sama bahu-membahu untuk memerangi narkoba yaitu melalui dongeng dan peningkatan literasi anak,” ujar Ms. Wiwin.

Penyalahgunaan narkoba sendiri di Bali sudah mencapai tahap darurat. Menurut data BNNP hingga September 2022, dari sekitar 3,5 juta orang di Indonesia yang terkena penyalahgunaan narkoba, di Bali terdapat sekitar 1,5 juta orang. Apalagi Bali sebagai destinasi wisata nomor satu di Indonesia, merupakan syurga bagi para wisatawan terutama bagi mereka pencari kesenangan.

Baca Juga :  Putri Koster Minta Guru PAUD dan TK Mendidik Budi Pekerti Usia Dini

I Putu Agus Arjaya, SE., MM., selaku Plt Kepala BNNP Provinsi Bali menambahkan, saat ini jumlah dan kasus narkoba di Bali sangat memprihatinkan.

“Menurut data yang kami dapat dari keseluruhan kasus, lebih dari 25% adalah kasus narkoba. Untuk itu kami sangat menyambut baik program-program seperti ini. Dan kami sangat berterima kasih dengan kehadiran tim Ando, Winson the Storyteller Family, dan GELAR ILUNI FIB, semoga kedepannya bersama-sama kita bisa membuat program-program menarik lainnya untuk meningkatkan ketahanan keluarga demi memerangi narkoba,” kata  Putu Agus Arjaya.

Dan dalam kesempatan kali ini, Winson the Storyteller Family bersama dengan BNNP Bali pun mengunjugi TK Bali Putra Angantaka sebagai bagian dari program sosialisasi mengenai bahaya narkoba melalui dongeng keliling bersama ‘Ando dan Ramuan Ajaib’.

Ni Wayan Widiyani, mewakili Kepala Sekolah TK Bali Putra Angantaka, mengatakan, sangat senang dengan program dongeng untuk anak-anak ini, karena melalui cerita kami percaya bisa memberikan pesan positif yang akan diingat oleh anak-anak.

dongeng
Tingkatkan Ketahanan Keluarga untuk Perangi Narkoba Melalui Dongeng Bersama Ando. Sumber Foto : Istimewa

“Kami harapkan program-program seperti ini dapat bisa dilangsungkan sesering mungkin agar kami bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih terutama yang mudah diterima oleh anak-anak dan sifatnya interaktif, kreatif dan membangun imajinasi,” ucap Ni Wayan Widiyani.

Masih mengusung konsep dongeng musikal, Ando kali ini di Bali hadir juga bersama dengan GELAR ILUNI FIB, sebuah Gerakan literasi yang bertujuan untuk menumbuhkan minat baca dan remaja dengan cara yang menyenangkan.

Dewi Fajar Marhaeni, Kepala Bidang V Pengabdian Masyarakat Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (Iluni FIB UI) mengatakan, dengan literasi diharapkan bisa menjadi teman yang baik untuk menumbuhkan minat baca anak dan remaja dengan cara yang menyenangkan. Kehadiran materi-materi yang terdapat pada gawai dan teknologi saat ini sebenarnya tidak mewakili karakter anak Indonesia, sehingga menjadi tantangan tersendiri untuk menimbulkan minat baca anak didunia literasi Indonesia.

Baca Juga :  Cegah Narkoba, Kodim Klungkung Adakan Tes Urine

“Program dongeng keliling seperti ini, adalah salah satu cara yang kami yakini dapat menghadirkan pengalaman membaca menyenangkan bagi anak dan remaja sehingga dapat menumbuhkan minat membaca sejak dari umur dini. Program ini pun telah membantu pendistribusian secara meluas ke daerah-daerah di Indonesia melalui taman bacaan atau rumah bacaan, demi tercapainya Indonesia maju. Untuk itu, terima kasih kami ucapkan kepada Winson Family yang sudah membantu menyampaikan paket buku Cerita Nusantara kepada anak-anak di Bali,” pungkas Dewi Fajar Marhaeni.

Narkoba memang menjadi tugas rumah semua pihak, tapi dengan dongeng dan meningkatkan literasi anak Indonesia diharapkan dapat meningkatkan ketahanan keluarga yang menjadi pilar kuat demi tercapainya Indonesia yang lebih baik. (bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini