fpar unud
Tim Redaksi FPAR Unud Gelar Workshop Jurnalistik dan Pisah-Sambut Pengurus. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Tim Redaksi Fakultas Pariwisata Unud menyelenggarakan workshop jurnalistik dan pisah sambut pengurus di Ruang Dosen, Gedung HL Kampus Bukit Jimbaran, Senin (28/11/2022) kemarin. Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi program kerja Tim Redaksi yakni peningkatan kapasitas anggota dan juga kaderisasi pengurus.

Workshop mengusung tema ‘Wujudkan Tim Redaksi yang Profesional untuk Jurnalisme Berkualitas’ menghadirkan I Ketut Angga Wijaya, penulis sekaligus jurnalis salah satu media masa di Bali.

Dalam presentasinya, Angga mengingatkan pentingnya menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dan kaidah penulisan yang benar dalam penerbitan berita.

“Jadi adik-adik harus menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dan kaidah-kaidah penulisan tadi dalam membuat berita. Sekali lagi, berita itu harus fakta. Tidak boleh berdasarkan imajinasi. Selain itu juga harus berimbang, dan melakukan konfirmasi ke sumber-sumber yang dapat dipercaya agar tidak menyesatkan banyak orang,” ujar Angga.

Baca Juga :  Sosialisasi Kurikulum Prodi Sarjana Ekonomi 2022

Para peserta tampak antusias mengikuti workshop ini. Mereka antusias bertanya ketika sesi tanya jawab dibuka. Usai sesi tanya jawab, workshop pun ditutup dengan sesi penyerahan cinderamata dan foto bersama dengan pembicara.

Agenda setelah workshop adalah pisah sambut pengurus. Sesi ini dimulai dengan penyampain laporan pertanggungjawaban oleh Ketua Tim Redaksi Periode 2021/2022, Silvinus Nanggur. Kemudian dianjutkan dengan agenda penetapan calon tunggal Ketua Tim Redaksi, Ni Putu Kania Saraswathi sebagai Ketua Tim Redaksi Periode 2022/2023.

Ketua Tim Redaksi, Silvinus Nanggur berharap periode selanjutnya dapat membawa perubahan lebih baik untuk Tim Redaksi.

“Saya berharap  banyak pada pengurus selanjutnya. Pertahankan hal baik yang sudah kami wariskan. Perbaiki hal-hal yang kurang,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Selvian itu juga menambahkan pentingnya setiap pengurus menemukan corak yang khas dalam setiap periode kepemimpinannya.

“Setiap periode harus ada ciri khas. Pada periode ini, kami bisa menyabet dua penghargaan dan produktif menghasilkan karya terutama berita dan telah meletakan dasar-dasar organisasi yang kuat, itulah legacy kami. Maka periode yang selanjutnya harus mencari legacy yang  berbeda. Cari itu. Barangkali dari sisi konten agar menggarap serius konten audio visual, lebih interaktif. Barangkali juga mereka membangun kerjasama dengan ormawa dan media masa dalam jangka panjang dan meninggalkan itu sebagai legacy untuk periode berikutnya, itu bisa saja,” imbuhnya.

Baca Juga :  Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud Tempati Posisi Sekjen, FORPIMAWA Gelar Rakor Sekaligus Pengesahan

Adapun jumlah pengurus Tim Redaksi 2021/2022 yang dinyatakan demisioner berjumlah 12 orang. Sedangkan pengurus periode 2022/2023 yang baru dilantik sebanyak 10 orang. Untuk diketahui Tim Redaksi merupakan media resmi milik Fakultas Pariwisata Unud. Organisasi ini secara resmi berada di bawah pengawasan Unit Pengelola Informasi dan Kerjasama (UPIK) Fakultas Pariwisata. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini