fakultas teknik unud
Team Weimana Udayana Raih Juara 2 Kategori Urban Motor Listrik dalam Kontes Mobil Hemat Energi 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, SURABAYA – Team Weimana Udayana mengikuti ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2022 di Surabaya, tanggal 30 Oktober sampai dengan 4 November 2022, dan berhasil meraih Juara 2 Kategori Urban Motor Listrik.

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2022 merupakan kegiatan Riset, Inovasi, Perancangan, Kompetisi skala nasional dengan tema “Hemat Energi dengan Inovasi” yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia bekerja sama dengan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur sebagai tuan rumah. Peserta lomba adalah Team/Kelompok mahasiswa yang mewakili universitas/institusi perguruan tinggi dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga :  Fox Hotel Jimbaran Beach Bali Gelar Aksi Sosial 'The Dedication of Modern Kartini' di SD Negeri 6 Muncan

Team Weimana Udayana yang mengikuti kompetisi ini berjumlah 33 orang, terdiri dari 7 tim inti paddock, 11 inti koor (diluar tim paddock), 2 steering committee, 13 anggota pendamping, serta seorang Pembina, I Wayan Arya Darma, S.T., M.T.

Kontes Mobil Hemat Energi merupakan ajang kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Puspresnas dan Kemendikbudristek dengan bekerjasama dengan salah satu perguruan tinggu sebagai host/penyelenggara.

“Weimana Udayana sendiri merupakan UKM di Universitas Udayana yang bergerak dibidang perancangan kendaraan hemat energi,” ungkap I Wayan Arya Darma.

Sejatinya dahulu team ini lahir dari sebuah ambisi mahasiswa di program studi Teknik Mesin Universitas Udayana untuk mengikuti kompetisi berskala Nasional seperti KMHE, sehingga tradisi ini diteruskan hingga team Weimana Udayana bisa menjadi UKM dan selalu mendafatrakan diri untuk bertanding pada ajang KMHE tiap tahunnya.

Baca Juga :  Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) Badung Tingkatkan Kualitas Pembinaan Generasi Muda

KMHE diselenggerakan dengan dorongan untuk menumbuhkan budaya riset dari mahasiswa di Indonesia sehingga dapat menghasilkan inovasi-inovasi baru dalam bidang perancangan kendaaran yang hemat energi. KMHE diharapkan mampu menjadi wadah bagi para Mahasiswa seluruh Indonesia untuk dapat berkolaborasi demi memajukan pemberdayaan energi di Indonesia. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News