KTP
Semangat Melayani Masyarakat, Bupati Sanjaya Luncurkan Program Semara Ratih. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Pemerintah Kabupaten Tabanan hadir dengan tulus melayani masyarakat dengan mewujudkan pembaharuan di seluruh aspek kehidupan, sesuai arahan Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM. Dimana, cara melihat, berfikir dan bertindak harus melebur dalam suasana kebhatinan baru, yakni Tabanan Era Baru dan membangun dilandasi spirit kebanggaan menjadi Orang Tabanan.

“Hari ini, semangat pelayanan itu kita wujudkan dengan cara meluncurkan Program Semara Ratih, yaitu sebuah Program inovatif dalam melakukan pelayanan kependudukan di Kabupaten Tabanan, khususnya terkait Pencatatan Perkawinan,” ungkap Bupati Tabanan, Sanjaya dalam sambutannya saat meluncurkan program Semara Ratih di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga :  Yayasan AHM Berdayakan UKM untuk Tingkatkan Imun Nakes

Dimana, nama Semara Ratih itu dipergunakan karena mengandung filosofi, Sang Hyang Kama Jaya sebagai pasangan Sekar Ratih yang merupakan Dewa Dewi yang mempunyai cinta kasih, keinginan, kesetiaan, dan pengorbanan yang kuat. Turut hadir saat itu, Wakil Bupati Tabanan, Tjokorda Anglurah Tabanan, Ketua DPRD Tabanan dan beberapa anggotanya, jajaran Forkopimda, Sekda, para Asisten dan OPD terkait, para Camat, Perbekel se-Kabupaten Tabanan, Ketua Gatriwara dan perwakilan Ketua PKK dan DWP Tabanan.

Sanjaya juga mengatakan program inovasi ini merupakan adopsi dari program Desa yang bagus dari Desa Tegalmengkeb dan dengan program Ngantor di Desa, Bupati Sanjaya mengatakan bahwa menemukan banyak program-program di Desa yang patut diangkat menjadi program Kabupaten yang selaras dengan tradisi, adat, agama dan budaya. Program Semara Ratih ini juga dari jauh-jauh hari telah disosialisasikan oleh Bupati Sanjaya setiap kunjungannya terkait acara pencatatan perkawinan.

Baca Juga :  Wabup Suiasa Terima Audiensi dari Yowana Kecamatan Abiansemal, Terkait UMKM Generasi Muda

“Perlu juga diketahui, bahwa sebelum perkawinan dilaksanakan kedua mempelai terlebih dahulu melakukan konseling berkaitan dengan reproduksi, tradisi, adat dan budaya, ajaran keagamaan, keamanan dan sosialisasi dokumen kependudukan. Artinya, secara fisik dan mental kedua mempelai sudah siap mengarungi bahtera rumah tangga, dengan harapan cinta kasih mereka langgeng, seperti Semara Ratih,” imbuh Sanjaya.

Sesuai penuturan Kadisdukcapil Tabanan, IGA. Rai Dwipayana, maksud dari dilaksanakan program inovasi Semara Ratih terintegrasi Kabupaten Tabanan untuk menggelorakan semangat dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya Dokumen Kependudukan, khususnya Akta Perkawinan, Kartu Keluarga dan KTP-El. Dengan tujuan mempercepat kepemilikan dokumen kependudukan, meningkatkan kualitas perkawinan, dan terwujudnya konservasi lingkungan yang baik.

Baca Juga :  Awali Tugas Sebagai Walikota, Jaya Negara Pimpin Apel HUT Kota Denpasar

Dalam peluncuran ini juga dirangkaikan dengan berbagai kegiatan, seperti konseling pra perkawinan kepada calon pengantin dari instansi terkait, sosialisasi kependudukan, reproduksi kesehatan, Agama, adat istiadat, budaya dan tradisi, serta keamanan dan ketertiban, juga konservasi lingkungan. Kemudian pelayanan dokumen kependudukan secara langsung kepada murid SMA dan SMK dalam rangka pendataan Pemilih Pemula Pemilu 2024, Pameran UMKM, Sosialisasi Program Semara Ratih kepada para Perbekel.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini