Karo
Prokopim Kabupaten Karo Studi Tiru Ke Pemkot Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara, yang dipimpin Kasubag Protokol, Marisa Hanika bersama beberapa stafnya, melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Denpasar, Rabu (30/11/2022). Kadatangan rombongan Protokol Kabupaten Karo diterima JFT Analis Kebijakan Ahli Muda Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Denpasar, I Gusti Ketut Sudiatmika di Kantor Wali Kota.

Marisa Hanika menyampaikan tujuan dari kunjungan ke Bagian Prokopim untuk mengetahui managemen dan strategi pengelolaan keprotokolan dan pengelolaan Sistem Informasi Dokumentasi dan Kliping (SIDoPing) di Kota Denpasar.

Menurutnya Bagian Prokopim Kabupaten Karo saat ini dalam melaksanakan tugasnya hanya ada 6 ASN termasuk juga kepala bagiannya. Setelah melihat informasi melalui internet, berbagai kegiatan pimpinan di Kota Denpasar dapat terpublikasikan dengan baik. Tentunya juga untuk memperlancar kegiatan pimpinan diperlukan personil yang cukup. Untuk itu pihaknya ingin mengetahui bagaimana proses memperlancar kegiatan pimpinan tersebut.

Disisi lain Marisa menyampaikan SIDoPing yang di terapkan di Bagian Prokopim Kota Denpasar sangat baik dan ingin diterapkan untuk memberikan pelayanan di Kabupaten Karo.

Baca Juga :  IndonesiaWISE Gandeng Dinas Pariwisata Provinsi Bali Kembangkan Pariwisata Berkelanjutan Dalam Era New Normal di Bali

“Kami ingin meniru penerapan SiDoPing untuk pelayanan di Kabupaten Karo. Mengingat personil kami sangat terbatas,” ujarnya.

Dengan adanya SiDoPing diharapkan dapat mempermudah pelayanan pada masyarakat khususnya yang membutuhkan pelayanan informasi dan kliping.

Sementara itu, JFT Analis Kebijakan Ahli Muda Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Denpasar, I Gusti Ketut Sudiatmika mengatakan mengingat tingginya kegiatan pimpinan di Pemerintah Kota Denpasar dan untuk memperlancar kegiatan pimpinan Bagian Prokopim di dukung oleh 19 PNS dan 56 Non PNS termasuk untuk mengerjakan administrasi.

Meski demikian mengingat tingginya kegiatan pimpinan menurut Sudiatmika, terkadang ada beberapa pegawai melakukan tugas lapangan lebih dari satu kegiatan. Melalui visi ‘Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju (Makmur, Aman, Jujur, dan Unggul)’ dengan spirit Vasudaiva Khutumbakam (menyama braya) berbagai kegiatan inovasi telah dilakukan Pemerintah Kota Denpasar.

Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan seperti berbagai festival, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Denpasar dengan membangkitkan ekonomi rakyat.

“Seperti baru-baru ini telah melaksanakan Youth Festival, dimana memberikan ruang untuk anak-anak muda berkreasi. Sedangkan untuk bulan Desember akan dilaksanakan Dengasar Festival,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemkab Badung Gelar Upacara Pemahayu Jagat di Pantai Geger 

Untuk semua kegiatan-kegiatan ini sangat membutuhkan tenaga protokol dan fotografer serta tenaga administrasi untuk menunjang kegiatan pimpinan tersebut.

Sedangkan untuk SiDoPing, Sudiatmika menambahkan merupakan aplikasi dokumentasi untuk mempermudah pelayanan pada masyarakat. Selama ini masyarakat untuk mendapatkan dokomen sacara manual dengan adanya aplikasi SiDoPing masyarakat cukup mengakses SiDoPing.do.id.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini