SENASTEK
Lindawati Doloksaribu Ikuti SENASTEK Sejak 2018. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Ir. Lindawati Doloksaribu, M.App.Sc., Ph.D, mengikuti kegiatan dalam rangka Simposium Nasional Riset dan ABDIMAS Inovatif Berkelanjutan 2022. Kegiatan ini diselenggarakan oleh LPPM UNUD di The Patra Bali Resort & Villa.

Lindawati, Ph.D merupakan Dosen Fakultas Peternakan Universitas Udayana, alumni The University of Queensland Australia. Judul penelitian yang dibawakan oleh Lindawati, Ph.D yaitu ‘Pemberian Silase Rumput Gajah Odot (Pennisetum purpureum Cv. Mott) sebagai Usaha Meningkatkan Produktivitas Kambing Gembrong di Konservasi Pantai Nyanyi, Tabanan, Bali’, pada Selasa (29/11/2022).

Baca Juga :  FMIPA Unud Gelar Lepas Kesan Calon Wisudawan 2022

Manfaat yang didapatkan bagi masyarakat dari penelitian yang dilaksanakan Ibu Lindawati, Ph.D adalah mengefisiensi bukan saja dari segi availability saja tetapi juga sustainability pakan untuk kambing yang berkualitas sepanjang tahun tanpa peduli masa panen, persiapan upacara ataupun karena kompetisi tenaga kerja meyediakan pakan yang baik.

Hal lain yang penting adalah tujuan konservasi kambing gembrong untuk meningkatkan populasi ternak perlu disediakan pakan yang berkualitas sepanjang tahun.

“Kemudian, manfaat penelitian ini bagi ilmu pengetahuan yaitu dengan pemberian silase rumput gajah odot yang telah dievaluasi, bukan saja pada Kambing Gembrong, tapi juga pada Kambing Etawah Grade A penghasil susu, Kambing Mecaru yang berwarna hitam, Kambing Boerka yang baru saja diintroduksi ke Bali tepatnya di Desa Sanda, Pupuan Tabanan dan Kambing Peranakan Etawah yang telinganya lebih pendek,”paparnya.

Lindawati, Ph.D menyatakan kesan-kesan dalam mengikuti kegiatan SENASTEK yaitu melihat teman-teman yang sudah lama tidak terlihat sepanjang masa karena COVID-19. Selain itu, Ibu Lindawati, Ph.D juga mengaku dengan adanya kegiatan SENASTEK ini mampu belajar dari pengalaman penelitian teman-teman yang lainnya. Lindawati, Ph.D juga mengaku sudah mengikuti SENASTEK sejak tahun 2018. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini