Pahlawan
Pimpin Apel Peringatan Hari Pahlawan, Wawali Arya Wibawa Ajak Generasi Muda Teladani Semangat dan Perjuangan Para Pahlawan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Setiap Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan bagi seluruh Bangsa Indonesia. Mengenang para pahlawan perintis kemerdekaan dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan yang dilakukan.

Hal ini menjadi momentum Pemkot Denpasar dalam mengenang jasa pahlawan dengan menggelar Upacara Upacara Bendera, Kamis (10/11/2022) di Lapangan Lumintang Denpasar.

Upacara Bendera dengan Inspektur Upacara Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, tampak hadir juga Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua LVRI Kota Denpasar, Jro Wiladja, Perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Denpasar, hingga dari unsur TNI, Polri, siswa sekolah, guru, dan pecalang.

Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa yang membacakan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharani mengatakan kiranya menjadi semangat kita di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Pahlawanku Teladanku. dengan semangat ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat.

Baca Juga :  UGM Raih Akreditasi Unggul BAN PT

Lebih lanjut Arya Wibawa mengatakan bahwa hari ini kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan kita.

“Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh,” katanya.

Dikatakan pula bahwa tantangan yang sesungguhnya bagi para Pejuang Muda adalah mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa bagi kejayaan Bangsa dan Negara tercinta.

“Jadikanlah semangat dan nilai–nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama. Jadikanlah samangat dan pengorbanan para pahlawan sebagai teladan kita,” tambahnya.

Baca Juga :  Jelang Ramadhan, Kapolsek Kediri Cek Harga Beras dan Gula

Melalui sambutan yang dibacakan Wawali Arya Wibawa, Menteri Sosial RI mengajak untuk mengenang dan menghormati perjuangan para Pahlawan.

“Bersama kita bangun ingatan kolektif bangsa agar dapat mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur Pahlawan. Bersama kita perkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang merupakan Amanat Pahlawan Bangsa,” tegasnya.

Seusai Apel dilanjutkan dengan  ramah tamah tampak Wawali Arya Wibawa berbaur dengan para Veteran dan tamu undangan serta mengucapkan selamat Hari Pahlawan Nasional. Agenda Apel juga diisi dengan, pembacaan pesan-pesan Pahlawan Nasional, hingga pembacaan Teks Proklamasi, dan Pancasila.

Baca Juga :  Pembetonan Jalan di Banjar Kesambahan Kaja

Dilanjutkan nyanyian lagu kebangsaan dari Paduan Suara Pemkot Denpasar, diakhiri dengan penyerahan sembako kepada Veteran secara simbolis oleh Wakil Wali Kota Arya Wibawa bersama Ketua LVRI Kota Denpasar Jro Wiladja.

Dalam kesempatan ini Ketua LVRI Kota Denpasar, Jro Wiladja juga berpesan kepada generasi penerus, bangkitlah kendati tak ikut berjuang fisik. Perjuangan kita masih panjang mengisi kemerdekaan dan menjaga republik ini agar tidak rusak sebab dia bukan milik juga bukan hadiah melainkan titipan yang mesti dipertanggungjawabkan kepada anak cucu tercinta.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Denpasar yang telah memfasilitasi kegiatan peringatan Hari Pahlawan dalam suasana kekeluargaan,” ujarnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini