PMDSU unud
Hasil PMDSU Sangat Mengembirakan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) merupakan salah satu terbosan untuk percepatan laju pendidikan doktor dalam rangka meningkatkan jumlah lulusan doktor sehingga memenuhi kualifikasi pendidikan dosen minimal S2.

Melalui program ini, para sarjana unggul diharapkan dapat dididik/dibina menjadi Doktor dalam suasana akademik yang sehat di bawah bimbingan promotor yang cemerlang baik berdasarkan rekam jejak penelitian maupun pendidikan. Pascasarjana Universitas Udayana (Unud) adalah salah satu penyelenggara Program PMDSU Batch V.

Pada Rabu (9/11/ 2022) dilaksanakan Monitoring dan Evaluasi Penyelenggaraan Beasiswa PMDSU, di Ruang Rapat Pascasarjana Unud untuk membahas tentang perkembangan kelanjutan program beasiswa PMDSU, dan mendiskusikan kendala-kendala yang dihadapi oleh pihak Promotor maupun Mahasiswa penerima Beasiswa PMDSU batch V.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Pascasarjana Unud Prof. Ir. Linawati, M.Eng.Sc.,Ph.D, serta dari Tim Kemendikbud Ristek yang hadir secara daring Prof. Dr. Ir.Tumiran, M.Eng., Ph.D., serta Prof. Dr. Ir. Budi Prasetio Widyobroto, DESS, DEA.

Baca Juga :  Sambut Dies Natalis ke-60, Unud laksanakan Napak Tilas Prabu Udayana

“kegiatan ini membahas tentang perkembangan kelanjutan program beasiswa PMDSU dan mendiskusikan Penerima Beasiswa PMDSU batch V,” terang Prof. Linawati.

Pascasarjana Unud memiliki 3 mahasiswa penerima Beasiswa PMDSU yaitu Tjok Istri Pramitaswari, Ni Putu Tesi Maratni, Gede Febby Pratama Kusuma.

Tjok Istri Pramitaswari capaian Penelitian telah selesai (100% target) dengan 9 Artikel yang telah dipublikasi pada Jurnal Internasional terindeks Scopus Q2 dan Q1. Saat ini hasil penelitian sedang disusun dan dipersiapkan untuk diuji dalam ujian Seminar Kelayakan Naskah Disertasi di bulan November 2022.

Prestasi yang diperoleh Juara 1 Presentasi Oral Penelitian dalam Musyawarah Kerja Nasional Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Seluruh Indonesia (MUKERNAS PERDOSSI) tingkat Nasional di Palembang tahun 2021 dengan topik ‘Genetic and Bioinformatic Analysis of Suilysin Isolated from Patients with Streptococcus Suis meningitis in Bali: a novel insight into the pathogenesis’.

Baca Juga :  Asesor Kampus Sehat Kemenkes RI Lakukan Monitoring dan Evaluasi Kampus Sehat Unud

Tjok Istri Pramitaswari juga memiliki draft Penelitian ‘Protein rekombinan dari Suilysin isolat Bali’ yang sedang dikerjakan dalam studi disertasi direncanakan untuk didaftarkan paten/Hak Kekayaan Intelektual.

Berikutnya, Ni Putu Tesi Maratni telah selesai melaksanakan penelitian di laboratorium untuk disertasi. Penelitiannya untuk mengecek polimorfisme gen apolipoprotein E dan Penelitian untuk membandingkan kadar biomarker potensial yaitu netrin-1, apolipoprotein E, miRNA146a telah dilaksanakan.

Ni Putu Tesi Maratni memiliki 2 artikel pada jurnal ilmiah internasional bereputasi (Scopus Q2 dan Q3) dan mengikuti konferensi internasional untuk presentasi poster penelitian pada 2nd Asia Pacific Workshop and Conference on Molecular Medicine 22-26 Agustus 2022 serta akan mengikuti presentasi dalam Simposium Nasional Riset dan Abdimas Inovatif Berkelanjutan 29 November-1 Desember 2022.

Baca Juga :  Ni Luh Gede Wiradani, Mahasiswa Teknologi Pangan FTP Unud Meraih Gold Medal 2 Tahun Berturut-Turut

Gede Febby Pratama Kusuma Telah menyelesaikan pendidikan Doktor dan telah diwisuda 19 Pebruari 2022 dengan IPK 3,90 predikat Dengan Pujian dan telah diterima sebagai dosen PNS di Universitas Udayana.

Dari hasil Monitoring dan Evaluasi ini mahasiswa tidak mengalami kendala dalam hal bimbingan kepada Promotor. Tim Monitoring dan Evaluasi Tim Kemendikbud Ristek mengaku sangat puas dengan hasil yang dicapai.

Selanjutnya untuk Penerima Beasiswa PMDSU batch VI Pascasarjana Unud memiliki 1 orang Mahasiswa pada program studi doktor Ilmu Kedokteran atas nama Tjokorda Istri Sri Dalem Natakusuma. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini