FTP Unud
FTP Unud Gelar Pengabdian kepada Masyarakat di Banjar Kerta Petang. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Seluruh Program Studi yang ada di Lingkungan Fakultas Teknologi Pertanian yaitu Program Studi Teknologi Pangan, Program Studi Teknologi Industri Pertanian dan Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem berkolaborasi laksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di Banjar Kerta, Desa Petang, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung pada Minggu (13/11/2022) yang diikuti oleh Seluruh Dosen di lingkungan FTP unud beserta beberapa perwakilan mahasiswa di masing-masing Program Studi.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc., Ph.D., dan dihadiri oleh Wakil Dekan II, Wakil Dekan III FTP Unud, Seluruh Koordinator Program Studi di Lingkungan FTP Unud. Selain itu juga dihadiri oleh Kelian Dinas Banjar Kerta Gusti Putu Arya, Ketua KWT Swadaya Putri beserta anggota.

Baca Juga :  Universitas Udayana Gelar International Conference on Innovation for Sustainable Development

Sebelumnya juga telah dilaksanakan pendampingan kepada KWT Swadaya Putri yaitu Pendampingan I dilaksanakan pada Tanggal 27 Oktober 2022 dan Pendampingan II telah dilaksanakan pada tanggal 12 November 2022 dengan memberikan pelatihan dan informasi untuk anggota KWT dan masyarakat. Pada tanggal 13 November 2022 diadakan pengabdian kepada masyarakat yang diikuti oleh Anggota KWT Swadaya Putri.

Perwakilan dosen dari masing-masing program studi memberikan pelatihan sesuai bidangnya. Dosen Prodi Teknologi Pangan FTP Unud Ni Luh Ari Yusasrini, S.TP., M.P. memberikan materi Pendampingan Pembuatan Teh Herbal Temu Putih, Dosen Prodi TIP FTP Unud  Ni Putu Suwariani, S.TP., M.Biotech, memberikan materi Pendampingan optimalisasi Kemasan Jahe Merah Instan sebagai Buah Tangan Desa Wisata Petang dan Dosen Prodi TPB FTP Unud Ibu Ida Ayu Gede Bintang Madrini, S.TP, M.Agr, Ph.D., memberikan materi Pembersihan Sampah Plastik Pada Saluran Air di Lingkungan Masyarakat Pedesaan.

Baca Juga :  Angkat Efektivitas Promosi Pariwisata Bali, Herry Arianto Raih Gelar Doktor

Kelian Dinas Banjar Kerta Gusti Putu Arya mengatakan pada sambutannya yang menjadi permasalahan dari produk yang dihasilkan oleh KWT adalah Belum ada izin edar sehingga susah untuk memasarkan dan menitipkan produk pada toko-toko besar, kalau dari kebersihan sudah dapat dipastikan bersih karena pernah  di bimbing dan dicek oleh Dinas Kesehatan setempat.

Selain itu Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc., Ph.D. mengatakan dalam sambutannya berharap bahwa kegiatan pengabdian dan pendampingan ini tidak hanya berhenti sampai disini.

Baca Juga :  Dorong Lahirkan Beragam Produk Kreatif, FTP Unud dan BITHUB Lakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama

“kami juga berharap semoga tetap terjalin komunikasi yang positif dan akan selalu mendampingi KWT Swadaya Putri sehingga nantinya bisa mendapatkan izin edar dan pengembangan produknya yang diharapkan mampu menjadi salah satu ciri khas produk dan buah tangan dari Banjar Kerta Desa Petang, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung,” ujarnya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini