fakultas pariwisata
Fakultas Pariwisata Unud Selenggarakan Perlombaan Tingkat Nasional. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (Unud) tengah bersiap menggelar event perlombaan tingkat nasional. Perlombaan yang bertajuk Udayana Tourism Championship (UTC) tersebut merupakan kegiatan perdana yang mengkolaborasikan seluruh organisasi mahasiswa (ormawa) yang ada di lingkungan Fakultas Pariwisata Universitas Udayana.

Kegiatan ini berfungsi sebagai ‘payung besar’ dari acara tahunan yang biasanya diselenggarakan secara terpisah oleh masing- masing ormawa. Rangkaian kegiatan UTC tersebut akan diisi dengan berbagai mata lomba dengan beragam hadiah bernilai total jutaan rupiah.

UTC 2022 mengusung tema ‘Z Generation as Agent of Change for Sustainable Tourism and Environtment in Indonesia’. Tema ini dipilih dengan harapan dapat mengingatkan peran penting generasi Z guna mendorong mereka dalam mengaktualisasikan wacana pembangunan kepariwisataan berkelanjutan di Indonesia. Para peserta diajak untuk memahami  semangat tersebut  melalui berbagai mata lomba.

Setiap ormawa menggelar satu kegiatan. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pariwisata mengadakan ‘Tourism Cup’  dengan dua mata lomba yakni olahraga futsal dan e-sport Mobile Legend. Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Sarjana Pariwisata mengadakan ‘Tourism Content’ dengan mata lomba travel writing, e-poster, dan video competition. HMPS Industri Perjalanan Wisata mengadakan ‘Tourism Week’ dengan mata lomba guiding, tour package, dan essay national competition. HMPS Pengelolaan Perhotelan mengadakan “Tourism Contest dengan mata lomba berupa making bed & towel art, flair bartender, dan front office.

Kegiatan ini terbuka untuk mahasiswa  dan siswa SMA/SMK seluruh Indonesia. Pendaftaran dibuka hingga 14 November 2022 melalui tautan https://bit.ly/utc-2022. Kegiatan akan berlangsung dari 25 November – 3 Desember 2022 mendatang.

Ketua Panita UTC 2022, Rosalia Anggraeni Dian Lestari mengatakan, saat ini panitia tengah merampungkan persiapan tahap akhir.

Baca Juga :  Louis Sidharta Sabet Gelar Mahasiswa Berprestasi FP Unud 2022

“Progresnya saat ini sudah 80%. Namun masih terdapat beberapa perlengkapan yang dibutuhkan saat opening dan closing yang belum ada. Selain itu, salah satu concern utama kita di pendanaan,” jelas wanita yang akrab disapa Oca tersebut dalam keterangan tertulis yang diterima Tim Redaksi pada Jumat (11/11/2022) kemarin.

Seluruh Panitia UTC 2022 telah menggelar Rapat Umum dan Progres di Aula Manuaba, Kampus Fakultas Pariwisata  Bukit Jimbaran pada Rabu (9/11) yang lalu. Dari rapat tersebut, diketahui masih ada beberapa kendala lain yang dihadapi yakni peserta yang mendaftar belum memenuhi kota yang diharapkan,  kerjasama sponsorship yang masih minim, serta penjualan mechandise yang belum maksimal.

Baca Juga :  Jadi Moderator di Sesi Kedua SBD V Tahun 2022, Merupakan Pengalaman Tidak Terlupakan Bagi Kadek Dwita Apriani

Namun Oca optimis UTC perdana ini akan sukses karena panitia sudah memiliki strategi  untuk mengatasi berbagai kendala tersebut, salah satunya yakni terus membuka kesempatan bagi pihak yang ingin menjalin kerja sama sponsorship.

“Saat ini fokus utama saya lebih terhadap kendala-kendala yang telah saya sebutkan sebelumnya. Saya harap agar seluruh kendala dapat teratasi dengan baik sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Semoga kelak  kerja keras teman-teman panitia UTC dapat terbayarkan,” ujarnya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini