Indonesia Youth Road Safety Warriors
Edukasi Keselamatan Berkendara, Astra Motor Bali Dukung Program Indonesia Youth Road Safety Warriors 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Astra Honda Motor dan Kementerian Perhubungan bekerjasama dalam salah satu program Indonesia Youth Road Safety Warriors yang diadakan Indonesian Road Safety Partnership. Kegiatan ini berisi Kampanye keselamatan Jalan untuk siswa siswi beberapa SMA di Bali yang dilakukan oleh mahasiswa/i Pejuang Muda Keselamatan Jalan.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk sosialisasj safety riding melibatkan Taruna/i kampus Politeknik Transportasi Darat Bali atau yang biasa disebut POLTRADA Bali yang dimana merupakan sekolah kedinasan yang berada dibawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang beralamat di jalan Cempaka Putih, Desa Samsam, Kerambitan, Tabanan (Kampus I) dan jalan Batuyang 109X Batubulan, Sukawati, Gianyar (Kampus II).

Baca Juga :  Wisuda IV OTC Bali, Beri Jaminan Kuota 100% Penempatan Magang Peserta Didik

Pejuang Muda Keselamatan Jalan ini terdiri dari Taruna/i Astana dari Poltrada Bali di ikuti sebanyak 100 siswa/i yang sekaligus merupakan program school campaign.

Peserta sangat antusias dan merespon baik penyampaian materi teori dan praktek oleh Taruni. Diawali dengan mempelajari faktor kecelakaan, sensivitas bahaya, praktek berboncengan hingga memeriksa kendaraan. Keseluruhan ada 10 materi yang harus disampaikan ditambahkan pre test dan post test untuk mengetahui efektivitas edukasi yang dilakukan oleh Taruna Taruni dari PKTJ (Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan). Ditambahkan juga mengenai wajib menggunakan helm SNI dan fungsi dari memakai helm untuk keselamatan berkendara para riding.

Baca Juga :  Siapkan Generasi Anak Emas di Tahun 2045, IGTKI Denpasar Study Komperatif ke TK Negeri Pembina 1 Malang

Direktur Politeknik Transportasi Darat Bali, Dr. Ir. Efendhi Prih Raharjo, S.T., S.SiT., MT., dalam sambutannya menyebutkan bahwa kegiatan ini sangat selaras dengan sekolah yang notabane nya adalah memberikan Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat Bali. Kegiatan ini juga bisa meningkatkan performa anak didik dan semakin paham arti keselamatan yang sesungguhnya.

“Ini adalah bentuk kampanye keselamatan transportasi jalan agar generasi muda sadar akan pentingnya keselamatan berkendara, dan wajib mengetahui bahwa keselamatan dijalan raya di mulai dari diri sendiri,” ungkap Efendhi.

Pada kesempatan itu pula seluruh peserta mempraktekkan secara langsung edukasi yang diberikan dengan peragaan langung menggunakan sepeda motor Honda.

PIC Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi mengatakan moment seminar ini adalah bentuk dukungan program Indonesia Youth Road Safety Warriors sekaligus pengenalan dan membangkitkan semangat bangga menjadi generasi #Cari_Aman. Untuk seluruh mahasiswa dan dapat juga mempraktekkan cara mengendarai motor dengan halangan yang telah disediakan di zone praktek sekolah.

“Kami sekaligus berbagi ilmu berkendara dengan seluruh peserta, karena kami ingin semua siswa dapat pemahaman yang baik tentang safety riding dan sekaligus menggaungkan #Cari_Aman. Kami berharap seluruh siswa mampu menyebarkan virus Safety riding dengan cara yang menarik di era milineal ini,” ungkap Iswahyudi.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini