BEM-KM Fapet Unud
BEM-KM Fapet Unud Gelar Sosialisasi Reproduksi Ternak dan Inseminasi Buatan pada Ternak Sapi dan Babi di Desa Babahan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) Fakultas Peternakan Universitas Udayana menggelar acara sosialisasi reproduksi ternak dan inseminasi buatan pada ternak sapi dan babi, bertempat di Desa Babahan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, pada Minggu (6/11/2022).

Pelaksanan kegiatan secara offline dengan mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program Desa Dampingan Fapet 2022 dan sosialisasi Penyakit Mulut dan Kuku, yang mengambil Tema ‘Bhakti Mahasiswa Dalam Implementasikan Ilmu dan Teknologi Peternakan untuk Mendukung Perkembangan Desa Babahan’. Kegiatan ini menghadirkan 1 orang pembicara Dr. Ir. Ni Luh Gde Sumardani, S.Pt., MSi., dan Inseminator I Ketut Gede Jaya Ada S, S.Pt.

Baca Juga :  Kuliah Umum Prodi Ilmu Komunikasi Era digital dan Industri Kreatif Indonesia

Pada penyampaian materi Dr. Ir. Ni Luh Gde Sumardani, S.Pt., MSi., yang juga merupakan dosen Fapet Unud menjelaskan topik tentang Reproduksi Ternak Sapi dan Babi.

“dimana dijelaskan mengenai pengetahuan tentang reproduksi ternak secara umum yang akan memudahkan peternak dalam meningkatkan efisiensi reproduksi ternak, khususnya dalam pembibitan,”papar Sumardani.

Sesi kedua I Ketut Gede Jaya Ada S, S.Pt. selaku inseminator memaparkan tentang Inseminasi Buatan Ternak Sapi dan Babi.

Dimana terdapat beberapa hal utama dalam menunjang keberhasilan inseminasi buatan, antara lain pengetahuan peternak terkait reproduksi ternak, kualitas semen pejantan yang digunakan, kondisi induk yang akan diinseminasi, dan keterampilan inseminator. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini