Pelatihan Banten
Ayu Kristi Arya Wibawa Buka Pelatihan Banten Tumpeng Solas. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Untuk menekan laju inflasi atas kenaikan harga BBM Kelurahan Penatih menggelar Pelatihan Banten kepada kader Penggerak PKK di Kelurahan Penatih dari tanggal 12-13 November. Pelatihan ini dibuka secara resmi Istri Wakil Wali Kota Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa mewakili Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara Sabtu (12/11/2022) di SMP Widya Sakti Penatih.

Dalam kesempatan itu Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa mengatakan, budaya merupakan salah satu pondasi yang sangat penting, karena budaya merupakan warisan leluhur sangat kental dengan nilai adat istiadat dan menjadi landasan kebudayaan kebiasaan dalam kehidupan di masyarakat.

Budaya merupakan cipta rasa dan karsa manusia yang selanjutnya menjadi nilai-nilai luhur yang dilakukan secara turun temurun dalam kehidupan masyarakat. Namun nilai nilai budaya terkadang tidak dapat kita lepaskan dari nilai luhur ajaran agama. Begitu pula dengan kehidupan masyarakat Bali yang sangat menjunjung tinggi nilai budaya, adat istiadat dan agama.

Lebih lanjut dikatakan dalam perkembangan zaman dengan pesatnya pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi juga sangat penting  untuk terus mengenalkan nilai luhur budaya bangsa melalui pengenalan adat istiadat serta memahami dengan benar nilai-nilai luhur agama.

Baca Juga :  Dukung Kegiatan Pemuda Kota Denpasar, Wawali Arya Wibawa Buka Kesambi Futsal Competition IV 2022

Agama Hindu yang sangat kental dengan nilai budaya melalui berbagai upakara seringkali belum mampu kita pahami bersama tentang makna di dalam filosofi bebantenan dalam upakara tersebut. Bahkan sering kali kita semua memaknai upakara sebagai sebuah adat yang diturunkan secara turun menurun dan menjadi sebuah budaya di masyarakat dengan kuat pada istilah ‘anak mula keto’.

“Maka upaya upaya pelatihan upakara atau banten yang dilaksanakan seperti saat ini sangat penting untuk kita lakukan karena melalui upaya pelatihan selain dibimbing dalam proses pembuatan dan penandingan kita juga dapat mempelajari makna dan filosofi dari setiap upakara,” ungkap Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa.

Baca Juga :  Ike Edwin Beri Tausiyah Dihadapan Da'i Kader PBNU

Seperti yang di ketahui bahwa pendidikan sebagai sebuah kesatuan yang utuh dalam membentuk idep dalam diri manusia. Untuk itu Ny. Ayu Ktisti mengatakan pengurus Tim Penggerak PKK Kota Denpasar mengapresiasi dan menyambut baik pelatihan membuat  banten tumpeng solas yang diselenggarakan pada hari ini.

Semoga pelatihan ini dapat bermanfaat bagi para peserta dan kedepannya kita dapat memahami, mengerti dan mampu mengimplementasikan nilai filosofi dalam setiap upakara.

“Dengan adanya pelatihan ini kita semakin kuat dalam penajaman sradha di dalam kehidupan karena melalui pola pembinaan dan pelatihan banten kita bersama dapat belajar membuat upakara dan juga dapat melestarikan keajegan budaya di masyarakat,” katanya.

Baca Juga :  DTIK Festival 2018 Hari Ini Siap Digelar

Lurah Penatih Wayan Astawa mengatakan, untuk jangka panjang pelatihan banten ini agar masyarakat khususnya kader PKK bisa mengerti filosofi banten, apa itu banten dan tujuan serta maknanya.

Di tingkat keluarga bisa membuat banten sendiri secara otomatis bisa menekan biaya karena tidak perlu membelinya.

“Secara tidak langsung juga dapat menekan terjadinya inflasi,” katanya.

Begitu pentingnya maka dalam pelatihan ini pihaknya mendatangkan narasumber dari WHDI Kota Denpasar karena bisa memberikan teori dan praktek langsung tentang banten Tumpeng Solas.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini