Longsor
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama jajaran meninjau lokasi bangunan roboh akibat longsor di tepi sungai Kawasan Dusun Wanasari, Desa Dauh Puri Kaja, Jumat (28/10/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama jajaran meninjau lokasi bangunan roboh akibat longsor di tepi sungai Kawasan Dusun Wanasari, Desa Dauh Puri Kaja, Jumat (28/10/2022). Hal tersebut guna memastikan seluruh penanganan berjalan optimal. Seperti halnya evakuasi korban, pemenuhan dapur umum, serta penanganan bangunan pasca longsor.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Jaya Negara turut menyerahkan bantuan bahan kebutuhan pokok serta uang tunai yang nantinya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak-anak yang terdampak. Turut mendampingi Sekda IB. Alit Wiradana, Kadis Sosial Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati, Kadis PUPR Kota Denpasar, AA Ngurah Bagus Airawata, Kalaksa BPBD Kota Denpasar, IB Joni Ariwibawa, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Dewa Gede Rai serta intansi terkait lainya.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Resmikan Kanal Air Baku Perumda Tirta Sewakadarma Denpasar

Disela peninjauan, Wali Kota Jaya Negara mengaku turut perihatin atas bencana yang terjadi. Dimana, pihaknya bersama jajaran saat ini fokus dalam penanganan pasca terjadinya bencana. Sehingga sesegara mungkin kawasan sekitar dapat dimanfaatkan kembali.

“Tadi setelah saya lihat bahwa bangunan berada di pinggir sungai, namun demikian saat ini kita fokus dulu dalam musibah ini, bagaimana kita melaksanakan penanganan serta memastikan aktifitas masyarakat terdampak bisa berjalan dulu,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam hal penanganan pihaknya akan menerjunkan alat berat guna membersihkan puing sisa longsor. Sedangkan untuk kebutuhan pangan, kami Dinas Sosial bersama Tagana dengan menyediakan Food Rescue atau Dapur Umum. Selanjutnya, untuk langkah pemulihan, akan dilaksanakan kordinasi lanjutan dengan Pemprov Bali.

“Saat ini kita ingin pastikan yang beraktifitas bisa kembali beraktifitas, terutama anak sekolah agar bisa kembali belajar dengan baik, untuk penanganan lanjutan Pemkot Denpasar akan berkordinasi dengan Pemprov Bali terkait senderan, dan untuk bangunan akan dikaji, apakah bisa ditempati kembali atau tidak, nanti itu sambal berjalan, dan kami juga berencana menyiapkan skema CSR untuk penanganan lanjutan,” ujar Jaya Negara sembari mengajak masyarakat yang tinggal di bantaran sungai untuk lebih waspada mengingat cuaca ekstrem masih terjadi.

Baca Juga :  Masyarakat Tabanan Masih Dihantui Bencana Alam

Sementara, Perbekel Desa Dauh Puri Kaja, I Gusti Ketut Sucipta mengatakan, bencana longsor ditepi sungai yang mengakibatkan robohnya bangunan di Kawasan Dusun Wanasari, Desa Dauh Puri Kaja terjadi pada Kamis (27/10/2022). Dimana, dari bencana tersebut diketahui sebanyak 15 orang dalam 4 KK turut terdampak.

Sucipta mengaku, saat ini telah ditetapkan langkah penanganan pasca bencana. Dimana, pembersihan puing bangunan akan dilaksanakan dengan menggunakan alat berat. Sedangkan penanganan lanjutan akan dikordinasi bersama Pemkot Denpasar dan Pemprov Bal.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini