UGM
UGM Terbanyak Loloskan Tim PKM di PIMNAS 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meloloskan 47 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) menuju Pekan Ilmah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 tahun 2022. Jumlah tersebut menempatkan UGM sebagai perguruan tinggi dengan peserta terbanyak maju ke PIMNAS.

PIMNAS ke-35 rencananya akan digelar di Universitas Muhammadiyah Malang, pada tanggal 30 November-4 Desember 2022.

Wakil Rektor UGM Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni, Dr. Arie Sujito menyampaikan lolosnya 47 tim PKM UGM ke PIMNAS 2022 diharapkan bisa menjadi kekuatan yang dapat memompa spirit untuk menghasilkan karya dan prestasi terbaik. Kerja keras tim PKM UGM nantinya diharapkan tidak hanya menghasilkan prestasi yang bermakna tidak hanya bagi tim namun juga bagi UGM dan bangsa.

Arie mengatakan soliditas kerja keras tim, dibimbing dosen dan fasilitasi dari UGM akan trs menjadi energi kolektif untuk terus mengembangkan kualitas karya para mahasiswa. Dengan semangat juara yang dimiliki mahasiswa UGM harapannya bisa mendorong pencapaian prestasi yang lebih luas lagi.

Baca Juga :  Bupati Eka Bacakan Surat Kartini

“Selamat bagi mahasiswa dan teruslah berusaha sebaik mungkin, yang terbaik bagi UGM dan bangsa,” tuturnya, Sabtu (15/10/2022).

Sementara Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM, Dr. Suherman menjelaskan pada tahun 2022 ini UGM mengirimkan sebanyak 500 judul PKM ke Dikti sesuai dengan kuota perguruan tinggi klaster 1. Dari jumlah proposal yang dikirimkan tersebut, sebanyak 84 judul PKM mendapat pendanaan dan 33 judul PKM mendapat insentif

“Jadi total ada 117 judul atau tim yang lolos didanai untuk menjalankan programnya. Dari jumlah itu diseleksi lagi dan ada 47 tim yang lolos melaju ke PIMNAS,” terangnya.

Empat puluh tujuh tim yang lolos maju ke PIMNAS meliputi 3 tim PKM Kewirausahaan, 9 tim PKM Karsa Cipta, 4 tim PKM Video Gagasan Konstruktif, 9 tim PKM Riset Eksakta, dan 9 tim PKM Riset Sosial Humaniora. Lalu, 3 tim PKM Penerapan Iptek, 6 tim PKM Pengabdian Masyarakat, 1 tim PKM Karya Inovatif, serta 3 tim PKM Gagasan Tertulis.

Dalam PIMNAS tahun ini akan diikuti 374 tim dari 97 perguruan tinggi di Indonesia. Ke-374 tim ini sebelumnya telah melalui serangkaian seleksi bersaing dengan ribuan tim lainnya.

Baca Juga :  Ketua Pembina Yayasan Kemala Bhayangkari Membuka Secara Resmi Kegiatan Bakti Kepolisian

Dalam PIMNAS 2022 ini UGM menduduki urutan pertama sebagai peserta terbanyak yang meloloskan tim PKM yakni sebanyak 47 tim. Selanjutnya diikuti IPB 34 tim, Universitas Brawijaya 32 tim, ITS 30 tim, dan Universitas Negeri Malang 20 tim.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini