UGM-APINDO
UGM-APINDO Sepakat Kerja Sama Pemagangan. Sumber Foto : Firsto

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – UGM dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) sepakat untuk melakukan kerja sama pemagangan bagi mahasiswa UGM. Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama dan perjanjian kerja sama antara UGM dan APINDO, Selasa (4/10/2022) di Ruang Multimedia UGM.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi B. Sukamdani menyampaikan bahwa kebutuhan dunia usaha dengan kampus sangatlah erat. Sejumlah upaya mendekatkan dunia usaha dan industri dengan dunia pendidikan, termasuk pendidikan tinggi telah dilakukan. Salah satunya adalah melalui program link and match kampus dengan dunia usaha dan industri. Kendati begitu program tersebut belum sepenuhnya berjalan optimal.

Baca Juga :  Sekda Dewa Indra Harap SMK Fest 2024 Jadi Wadah Siswa/i SMK Unjuk Prestasi dan Talenta

“Itu menjadi tantangan kita bersama. Memikirkan kembali bisnis model seperti apa yang dijalankan,” tuturnya.

Melalui program pemagangan yang dikerjasamakan antara UGM dan APINDO dalam kerangka MBKM ini diharapkan Hariyadi nantinya bisa semakin mendekatkan dunia industri dan perguruan tinggi sehingga tercipta SDM berdaya saing dan industri kuat serta maju. Ia pun berharap nantinya program ini bisa dijalankan diseluruh kampus Indonesia sehingga mendorong perecpatan pencapaian Indonesia yang berdaya saing.

“Program ini harapannya menjadi program bersama jangka panjang, jadi bisnis model dunia usaha. Menjadi milestone yang menjadikan dunia usaha dan dunia pendidikan berjalan beriringan menjadikan Indonesia lebih baik di masa depan,” ucapnya.

Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG (K)., Ph.D., menyambut baik kerja sama yang dijalankan. Kerja sama ini menjadi angin segar dan harapan bagi dunia pendidikan tinggi Indonesia. Lewat program pemagangan ini membuka cakrawala baru bagaimana dunia pendidikan dan dunia usaha digabungkan supaya bisa memberikan bekal, kompetensi terbaik bagi anak didik dan menjadikan kampus sebagai menara air.

Baca Juga :  Sound System SD Negeri 5 Sibetan Raib Digondol Maling

“Terima kasih kepada para mitra yang telah menyedikan ruang belajar untuk mengenal dunia industri. Mohon saran dan masukan kedepannya sehingga nantinya bisa berjalan beriringan dan bermanfaat bagi bangsa,” tuturnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News