fh unud
Tim UPIKS FH UNUD Mengikuti Workshop Transformasi PTNBH Menuju Internasionalisasi Universitas Udayana. sumber foto : istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Tim Unit Pengelola Informasi dan Kerjasama (UPIKS) FH Unud mengikuti workshop yang diselenggarakan oleh Tim Juru Bicara Unud dengan tema ‘Menyatukan Aspek Jurnalistik Untuk Publikasi Dalam Rangka Transformasi PTNBH Menuju Internasionalisasi Universitas Udayana’. Workshop dilakukan selaman 2 (dua) hari dari tanggal 18 Oktober sampai dengan 19 Oktober 2022 di Jimbaran Bay Resort and Spa, Kedonganan, Jimbaran-Bali.

Workshop dibuka secara langsung oleh Rektor Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M. Eng, IPU dengan didampingi Ketua Tim Juru Bicara Unud, Putu Ayu Asty Senja Pratiwi,S.S.,M.Hum, Ph.D.

Baca Juga :  Fakultas Ilmu Budaya Unud Selenggarakan Seminar Nasional “Characters Reinforcement in the Society Era 5.0"

Adapun 4 (empat) narasumber yang dihadirkan, yaitu: Prof. Ir. Nyoman Semadi Antara, M.P. Ph.D., Guru Besar di Fakultas Teknologi Pertanian Unud dan sekarang menjadi Ketua Tim PTNBH Unud; Ayu Tya, Influencer sekaligus pengelola akun media sosial @dharmanegara_alaya; Dr. A.A. Gede Agung Parameswara, S.E., M.Si., fotografer professional sekaligus dosen tetap Fakultas Ekonomi Warmadewa dan A.A. Sagung Shanti Sari Dewi, S.S., M.Hum., M.App. Ling., Koordinator Bali International Program on Asian Studies (BIPAS) Universitas Udayana. Materi workshop yang diberikan selama 2 (dua) hari sangat menarik terkait dengan bagaimana cara membuat berita melalui media online agar menarik, jelas dan sampai pesannya kepada pembaca.

“Selain itu diberikan juga pakem-pakem penyusunan berita dalam bahasa Inggris mengingat Unud menuju internasionalisasi dan pentingnya peran media dalam mensosialisasikan perubahan status Unud dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Badan Layanan Umum (BLU) atau PTN-BLU ke PTN Badan Hukum (PTN-BH),” terang Senja.

Baca Juga :  Prodi Ilmu Kelautan FKP Unud Pertajam Pemahaman Mahasiswa dalam Bisnis Budidaya Kelautan  

Penyampaian informasi yang jelas, tepat dan benar sangat diperlukan agar pembaca tidak menyalahartikan perubahan PTN-BH ke arah komersialisasi karena sesungguhnya perubahan status ini akan memberikan dampak positif bagi pembangunan perekonomian, seperti kerjasama Unud dengan dunia usaha/dunia industri, mendukung pengembangan kewirausahaan mahasiswa dan yang lainnya.

Disamping kejelasan dan ketepatan informasi, alat dan teknik pengambilan foto untuk suatu berita juga mempunyai pengaruh yang besar. Dari sebuah foto, pembaca berita dapat membayangkan peristiwa yang terjadi. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini