lp3m unud
LP3M Selenggarakan Workshop Kurikulum. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Udayana (Unud) selenggarakan Workshop ‘Kurikulum Integrasi Pengukuran Capaian Pembelajaran Lulusan dalam RPS dan SIMAK’.

Workshop ini dihadiri oleh Para Dekan, Direktur Pascasarjana, Para Wakil Dekan I, Wakil Direktur I, Para UP3M, Para Koprodi dan TPPM  menuju Akreditasi Internasional, Tim Task Force FIBAA, AUN-QA, IABEE, ASIN dan Tim LP3M, Kamis (20/10/2022).

Sekretaris LP3M Unud, Prof. Dr. Ir. I Made Alit Karyawan Salain, DEA selaku Ketua Panitia Workshop menyampaikan bahwa tingkat keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran umumnya diukur melalui proses penilaian untuk setiap mata kuliah yang dibebankan pada setiap program studi yang selanjutnya tingkat keberhasilan tersebut dinyatakan dalam bentuk nilai angka maupun huruf yang kemudia ditransfer menjadi indek prestasi semester atau indeks prestasi komulatif.

“Pendekatan seperti ini belum menggambarkan secara riil tingkat keberhasilan mahasiswa bila dikaitkan dengan capaian pembelajaran lulusan yang dirumuskan di dalam standar kompetensi lulusan pada program studi yang mencakup ranah kognitif, psikomotor dan afektif,” ucapnya.

Baca Juga :  Dosen FKP Unud Terima Fulbright Visiting Scholar Program Tahun 2022

Dengan demikian selain dengan ukuran IP tentunya perlu dibuatkan mekanisme untuk mengukur ke tiga ranah tersebut, sehingga dapat dipergunakan sebagai indikator untuk menunjukkan keberhasilan mahasiswa menempuh studinya sehubungan dengan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.

“Untuk itu setelah mengikuti workshop ini diharapkan adanya penyesuaian Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dimana dalam hal itu perlu diuraikan bagaimana mekanisme atau teknik untuk menilai CPL tersebut, dan nantinya setelah pembelajaran komulatif dapat kelompokkan dengan mata kuliah keseluruhan bisa mendapatkan ukuran capaian pembelajaran lulusan,” imbuh Prof. Alit.

Baca Juga :  Berikan Refresh Training kepada Para Auditor, LP3M Unud Gelar Penyegaran Auditor Mutu Internal

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, M.P., IPU menyampaikan penyelenggaraan workshop dalam rangka menyamakan persepsi, terutama pengukuran Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dari standar nasional pendidikan tinggi yang diukur dengan indeks prestasi lulusan mahasiswa. Dalam pelaksanaan akreditasi internasional sering diminta yang lebih detail tentang pengukuran Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) tersebut.

“Jadi perlu adanya kesamaan persepsi, walaupun nanti ternyata melebihi standar nasional, apalagi kita beranjak menuju internasionalisasi,” ujar Wakil Rektor.

Baca Juga :  Unud Gelar Sosialisasi Beasiswa KIP Kuliah 

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) tersebut di SIMAK juga akan diintegrasikan. Hal ini sudah dilakukan untuk Program Studi dari Fakultas Teknik, FTP, dan diharapkan LP3M beranjak menuju semua Program Studi untuk dilakukan integrasi CPL, CPMK nya di SIMAK Universitas Udayana. Harapannya ouput yang dihasilkan dalam pertemuan ini adalah pengukuran CPL yang berstandar Internasional.

Workshop ini menghadirkan narasumber Maria Hidayati, S.S., M.Pd., dari Universitas Negeri Malang dan I Made Arsa Suyadnya, ST.,M.Eng dari Tim USDI Universitas Udayana. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini