Aprilia Tuareg
PT Piaggio Indonesia Resmi Luncurkan Aprilia Tuareg 660. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Untuk terus memperluas dan memperkuat penawaran produk dalam menanggapi peningkatan permintaan pasar akan kendaraan roda dua yang mudah dikendarai dan dinamis, serta mampu memberikan sensasi adrenalin, juga praktis untuk perjalanan sehari-hari, Aprilia memperkenalkan Aprilia Tuareg baru.

Merek Aprilia sendiri terkenal dengan kehebatan balapnya di jalanan dan sirkuit, kini melalui Aprilia Tuareg, kembali memperluas rangkaian pilihan produk Italia yang khas dengan keunggulan kelincahan, kepraktisan, kecepatan, dan kemampuan teknis yang canggih di segmen petualangan dan off-road.

Aprilia Tuareg 660 tidak hanya semakin memperkaya keluarga Aprilia 660, yaitu Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660 yang luar biasa, tetapi semakin menunjukkan mesin luar biasa di kelas menengah 660 yang sangat mampu dan terbukti ringan tetapi tidak rentan, teknikal tetapi tidak rumit, untuk memberikan pengalaman berkendara terbaik dan menyenangkan bagi pengendara pemula dan berpengalaman.

Aprilia Tuareg 660 dirancang, dikembangkan, dan dibangun dengan penuh pertimbangan untuk menjadi kombinasi terbaik dari kendaraan roda dua off-road dan petualangan, menghasilkan sinergi produk yang optimal, siap untuk menjadi kendaraan di segala medan.

“Didesain untuk pengendara yang benar-benar mencari kebebasan dan kemampuan untuk berpetualang di segala kondisi jalan, Aprilia Tuareg 660 menawarkan kebutuhan akan performa tinggi, kelincahan serta pengalaman berkendara yang benar-benar menyenangkan di berbagai medan jalan untuk menjelajahi setiap sudut lanskap Indonesia yang indah. Aprilia Tuareg 660 terbaru bergabung dalam keluarga 660, yaitu Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660, sehingga melengkapi segmen Aprilia dari racing ke adventure. Inilah mengapa PT Piaggio Indonesia berada di sini, untuk melayani pelanggan kami dengan pilihan yang lebih banyak dan lebih menarik,” kata Marco Noto La Diega, Managing & Country CEO PT Piaggio Indonesia.

Aprilia Tuareg dihadirkan dengan konsep untuk menemani para pencari kebebasan dalam berkendara. Nama Tuareg sendiri memiliki makna yang berarti ‘manusia bebas’, berasal dari nilai inti dalam budaya orang Tuareg dari Sahara, yang dikenal dengan kemampuan bertahan hidup dan keahlian eksplorasi mereka bahkan di lingkungan yang paling sulit sekalipun.

Memberikan kesempatan bagi pengendaranya untuk berkendara dengan bebas adalah misi tulus dari Aprilia Tuareg. Aprilia Tuareg 660 meningkatkan standar dalam pengalaman berkendara petualangan off-road. Tetapi pada saat yang sama juga menempatkan semangat perjalanan sebagai aspek utama berkat kinerjanya yang sempurna di aspal, teknikal premiumnya, kinerja twin-cylinder 80 HP, dan bobotnya yang berkurang hanya 187 kg tanpa cairan.

Gaya: contoh sempurna dari desain fungsional

Desain Aprilia Tuareg 660 adalah hasil pekerjaan yang dilakukan oleh PADC (Piaggio Advanced Design Center), departemen gaya terdepan dari Piaggio Group di Pasadena, California. Titik pengamatan istimewa di dunia ini adalah lokasi dimana tren terbaru dikembangkan dan kemudian menyebar ke seluruh dunia. Para desainer, yang dipimpin oleh Miguel Galluzzi, menciptakan gaya yang berbeda dan sangat khas. Panduan dari proses ini adalah penghapusan besar-besaran dari setiap bagian yang tidak memiliki fungsi khusus, untuk menjaga ukuran dan berat keseluruhan tetap terkendali. Gayanya ditempa untuk menemukan keseimbangan sempurna antara bentuk dan fitur teknologi/fungsional.

Aprilia Tuareg
PT Piaggio Indonesia Resmi Luncurkan Aprilia Tuareg 660. Sumber Foto : Istimewa

Aprilia Tuareg 660 mengambil inspirasi dari dunia dan barang-barang teknikal yang digunakan dalam kegiatan petualangan: barang-barang yang sangat fungsional yang menjadikan elemen teknikal sebagai sumber keindahannya. Dengan cara yang sama, desain Aprilia Tuareg 660 menyampaikan gagasan kendaraan yang siap memenuhi kebutuhan apa pun, yang dikembangkan dengan fokus konstan pada fungsionalitas.

Baca Juga :  Lebarkan Sayap, Piaggio Indonesia Buka Dealer Premium ke-2 'Motoplex 4' di Surabaya

Solusi yang sangat unik dan inovatif dipilih untuk fairing atas, yang hanya terdiri dari plexiglass yang luas. Bagian transparan ini untuk menunjukkan dengan jelas dukungan sempurna yang terbuat dari jenis polimer tekno yang spesifik dan diperkaya dengan fiberglass yang juga berfungsi sebagai struktur pendukung klaster instrumen: bukti konstruksi Aprilia Tuareg 660 yang diperhatikan dengan baik. Untuk alasan yang sama, tidak ada panel samping klasik di bawah jok. Namun digantikan oleh dua panel yang dapat dilepas saat memasang set pannier samping (tersedia secara terpisah sebagai aksesoris) agar tetap lebih dekat ke badan kendaraan. Sistem pencahayaan full LED mencakup unit lampu depan ringkas baru yang menampilkan DRL perimeter. Untuk pertama kalinya di kategori ini, Aprilia Tuareg 660 memperkenalkan konsep double fairing yang berfungsi sebagai pelengkap aerodinamis, yang sudah berhasil diperkenalkan pada Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660.

Pengalaman berkendara ergonomis: sebuah kendaraan Aprilia sejati

Menentukan aspek ergonomis adalah salah satu tantangan pengembangan yang paling kompleks, mengingat tujuan utama Aprilia Tuareg 660 adalah untuk mewakili kombinasi terbaik dari dua dunia yang berbeda: dunia enduro silinder tunggal dan dunia kendaraan petualangan. Konfigurasi paralel dari mesin twin cylinder Aprilia memungkinkan para desainer untuk mempertahankan ketinggian sadel dari tanah dan menghasilkan jarak yang jarak sadel ke tanah yang lebih rendah namun dengan lekukan straddle yang jauh lebih rendah, memudahkan pengendara dengan tinggi badan berapapun untuk menjejak tanah. Bobotnya yang ringan, ringkas, dan memiliki keseimbangan sempurna, dikombinasikan dengan suspensi berkendara yang memecahkan rekor menjadikan Aprilia Tuareg sebagai tolok ukur baru untuk petualangan sejati dan sportivitas serta efektivitas off-road.

Arsitektur sasis: Aprilia sekali lagi meningkatkan standar 

Arsitektur sasis Aprilia selalu diakui sebagai yang terbaik di dunia untuk keefektifan dalam berkendara sport dan khususnya sensasi bagian roda depan yang unik dan khas. Arsitektur ini adalah hasil dari budaya desain dan konstruksi yang diturunkan langsung dari pengalaman Aprilia Racing yang telah menghasilkan 54 gelar juara dunia. Arsitektur sasis ApriliaTuareg 660, seperti yang sudah hadir pada anggota keluarga Aprilia street bike lainnya, bertujuan untuk meningkatkan standar dalam kategori tersebut, baik di dalam maupun di luar jalan. Semuanya jelas sangat berbeda dengan Aprilia RS dan Aprilia Tuono karena Aprilia Tuareg 660 dirancang untuk penggunaan ‘tugas berat’ yaitu untuk berkendara off-road yang menantang, dengan kapasitas kargo yang signifikan sebagai faktor tambahan.

Performa dan keamanan dengan rangkaian elektronik APRC

Aprilia selalu terdepan di bidang elektronik (yang pertama memperkenalkan kontrol throttle Ride-by-Wire pada Aprilia MotoGP pada tahun 2002 dan pada pabrik kendaraan roda dua pada tahun 2007) dan saat ini menawarkan APRC (Aprilia Performance Ride Control) paket kontrol elektronik. Dikembangkan di kompetisi tingkat atas, fitur ini dianggap sebagai salah satu yang paling efektif dan canggih yang tersedia.

Aprilia Tuareg 660 dilengkapi akselerator multimap Ride-by-Wire elektronik untuk kontrol throttle yang disetel dengan baik, halus, dan progresif dari putaran mesin rendah dan paket kontrol elektronik APRC khusus yang dikalibrasi untuk kinerja dan keselamatan, dengan pengaturan khusus untuk memberikan pengalaman berkendara yang aman sekaligus menantang di jalanan, dan pada saat yang sama, juga menjadikan perjalanan off-road penuh petualangan tanpa batasan, memastikan pengalaman menyenangkan berkendara yang paling murni.

Baca Juga :  Hadirkan Pengalaman Berkendara ala Skuter Premium Sporty, Aprilia Indonesia Resmi Rilis SR-GT 200 di Bali

Paket APRC pada Aprilia Tuareg 660, yang dikembangkan khusus untuk model ini, meliputi:

  • ATC: Aprilia Traction Control, kontrol traksi yang dapat disesuaikan ke 4 level atau dinonaktifkan, ditandai dengan logika kinerja tinggi dan pengoperasian yang disetel dengan baiki.
  • ACC: Aprilia Cruise Control, untuk mempertahankan kecepatan yang disetel tanpa menyentuh kontrol throttle, sangat berguna saat bepergian.
  • AEB: Aprilia Engine Brake, sistem untuk mengontrol engine brakesaat menutup throttle, dapat disesuaikan sampai 3 tingkat.
  • AEM: Aprilia Engine Map, 3 pemetaan mesin berbeda tersedia untuk mengubah karakter mesin dan cara menghasilkan tenaga. Fitur ini tidak mengubah daya maksimum yang diberikan.

Katalog lengkap aksesori yang didedikasikan untuk ApriliaTuareg 660 juga mencakup AQS: Aprilia Quick Shift, gearbox elektronik yang memungkinkan perpindahan gigi sangat cepat tanpa menutup throttle atau menggunakan kopling. Hal ini juga dilengkapi dengan fungsi downshift, untuk memungkinkan kopling dengan lebih sedikit downshifting.

Untuk memaksimalkan pengalaman berkendara dan untuk memudahkan pengendara beradaptasi, Aprilia telah menyiapkan empat Riding Mode khusus untuk Aprilia Tuareg 660: yang harus dilakukan pengendara adalah memilih Riding Mode yang paling sesuai dengan kebutuhan berkendaranya untuk secara otomatis mendapatkan pengaturan terbaik dalam berkendara, baik dalam hal kontrol traksi, rem engine, ABS, dan semua parameter lainnya.

Dari empat Riding Mode yang ada, dua didedikasikan untuk berkendara di jalan raya, satu khusus untuk berkendara off-road, dan satu lagi dapat disesuaikan sepenuhnya:

  • Urban, untuk berkendara sehari-hari, dikalibrasi dengan mempertimbangkan keselamatan; ABS aktif di kedua channel.
  • Explore, untuk perjalanan menyenangkan di jalan, dikalibrasi agar pengendara dapat menikmati rute sepenuhnya. ABS aktif di kedua channel.
  • Offroad, khusus untuk pengendaraan off-road, dengan minimum kontrol traksi dan engine brake. Pemetaan mesin ini adalah yang paling mudah diatur dalam hal pengiriman daya. ABS dinonaktifkan pada rem belakang dan juga dapat dinonaktifkan pada rem depan.
  • Individual, yang memungkinkan pengendara mempersonalisasi kontrol elektronik sepenuhnya.

Mengelola pengaturan elektronik difasilitasi oleh kontrol stang yang sepenuhnya intuitif: yang di sebelah kiri memungkinkan Anda dengan cepat menyesuaikan kontrol traksi dan kontrol jelajah (selain fungsi lainnya); yang di sebelah kanan memungkinkan Anda dengan cepat memilih mode berkendara yang diinginkan.

Kluster instrumen TFT digital berwarna yang memiliki ukuran 5 inci memberikan tampilan sempurna dari berbagai parameter dan dilengkapi sensor senja yang menyesuaikan kecerahan berdasarkan kondisi pencahayaan sekitar.

Karakter dan performa dari 80 HP Aprilia twin-cylinder

Twin cylnder 660 ultra-modern, basis dari keluarga Aprilia baru, dirancang untuk melengkapi berbagai kendaraan roda dua yang ditujukan untuk berbagai penggunaan: keserbagunaan adalah salah satu tujuan desain, bersama dengan kinerja dan pengurangan bobot. Hal ini adalah salah satu alasan dari keputusan untuk membuat twin-cylinder yang menghadap ke depan, generasi terbaru, unit yang sangat ringkas yang berasal dari tepi depan 1100 cc V4 sebagai asal dari konsep dan pengukuran. Konfigurasi ini menonjol karena dimensinya yang ringkas dan bobotnya yang ringan; mesin dengan pengurangan masa horizontal dan lateral memungkinkan kebebasan desain yang luar biasa, baik dalam hal mengatur organ dasar seperti intake dan exhaust, dan untuk arsitektur sasis yang sangat cocok untuk berbagai jenis struktur.

Baca Juga :  Adira Finance Ajak Puluhan Bikers Touring Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara

Warna dan Aksesoris

Aprilia adalah yang pertama melepaskan diri dari skema warna tradisional yang telah menjebak dunia kendaraan roda dua selama beberapa dekade, dengan memperkenalkan skema warna yang fantastis dan mutakhir sejak tahun 90-an. Mengacu pada tradisi ini dan untuk sepenuhnya tampil berbeda dalam perspektif visual, rangkaian warna Aprilia Tuareg 660 mencakup Acid Gold, yang telah diperkenalkan pada Aprilia RS dan Aprilia Tuono, opsi ini paling menonjolkan desain inovatif Aprilia Tuareg 660. Aprilia Tuareg 660 juga tersedia dalam warna Indaco Tagelmust yang ikonik dan secara eksplisit terinspirasi oleh skema warna ApriliaTuareg Wind 600 pada tahun 1988. Aprilia Tuareg 660 ini ditawarkan dengan harga on-the-road DKI Jakarta Rp 656.000.000.

Aprilia telah mengembangkan rangkaian aksesoris khusus didedikasikan untuk Aprilia Tuareg 660 dalam meningkatkan performa, proteksi, kenyamanan dan fungsinya.

Rangkaian aksesoris yang hadir di Indonesia untuk Aprilia Tuareg 660 adalah:

  • Tubular engine guard:dibuat dengan metode powder-coated steel tubing, pelindung ini melindungi mesin dan plastik dari kecelakaan.
  • Centre stand:dibuat dengan cataphoresis-treated dan powder-coated steel untuk memastikan ketahanannya terhadap cuaca, dirancang untuk meminimalisir upaya pengoperasian.
  • Pair of aluminium side panniers:terbuat dari alumunium, bagasi tambahan samping ini begitu kuat dan lapang. Bagasi tambahan ini dibuat dengan powder-painting yang memberikan proteksi maksimum dan ketahanan lama. Dilengkapi dengan sistem penguncian khusus pada motor dan dapat dilepas dengan mudah dalam beberapa detik. Terdapat pula tas untuk bagian dalam kotak.
  • 33-litre aluminium case:sangat kuat dan lapang, case ini dapat menyimpan helmet dan barang lainnya. Dihadirkan dengan penutup kedap udara dan proteksi pada engsel. Sangat mudah untuk dipasang atau dilepas. Terdapat pula tas untuk bagian dalam kotak.
  • Touring windscreen:memastikan proteksi lebih kepada pengendara dari terpaan angin untuk perjalanan yang lebih nyaman. Terbuat dari metacrylate dengan ketebalan 4mm yang kuat dan tahan lama.

Sebagai pelengkap, Aprilia juga menawarkan koleksi pakaian berkualitas, yang dirancang untuk penggunaan touring dan off-road. Koleksi pakaian ini meliputi:

  • Aprilia Tech Undershirt: terbuat dari material khusus yang sangat ringan namun kuat, mampu untuk menahan penyerapan air dan keringat.
  • Off-Road Jersey:luar biasa ringan dan kuat, dirancang untuk dapat dipakai dengan atau tanpa pelindung dada.
  • Off-Road Pants:dibuat dengan teknologi inovatif yang menggunakan material khusus yang elastis dan sangat kuat pada bagian pinggang. Dilengkapi dengan lapisan Kevlar.
  • Offroad gloves:sangat ideal untuk melengkapi rangkaian kebutuhan off-road. Sangat sesuai dengan kebutuhan off-road dan luar biasa kuat.
  • Aprilia Off-Road Jacket:jaket dengan gaya off-road dibuat dengan softshell tahan air dan dirancang untuk dapat digunakan diluar pelindung dada. Bagian dalam jaket dapat dilepas-pasang.

“Tentu saja, petualangan tidak pernah memiliki satu arti saja. Petualangan bisa berbentuk berupa sebuah explorasi suatu hal yang baru, menantang berbagai elemen atau sekedar menelusuri jalan baru, melihat horizon baru dengan wajah baru. Oleh karena itu, kami menghadirkan kepada Anda, Aprilia Tuareg 660 yang siap memenuhi kebutuhan Anda, untuk menaklukan berbagai kondisi jalan, dan mendorong limit dan ide Anda tentang petualangan, apapun yang ada di benak Anda,” tutup Marco.(aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini