Pelayanan Kesehatan
Pasca Banjir, Pemkot Berikan Pelayanan Kesehatan Untuk Masyarakat Terdampak. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pasca terjadinya bencana alam banjir, yang terjadi pada Sabtu (8/10/2022) kemarin, Pemerintah Kota Denpasar melalui Tim Damakemas UPT Pukesmas II Denpasar Barat melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat yang terdampak banjir seputar Jalan Pura Demak di Mushola Al Qomar, Minggu (9/10/2022).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Tri Indarti mengatakan, saat ini banjir sudah surut, meskipun demikian pihaknya harus tetap memperhatikan kesehatan kepada masyarakat, sehingga pelayanan ini dilaksanakan.

“Sesuai instruksi Bapak Wali Kota diminta agar seluruh OPD yang terkait agar melakukan gerak cepat memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai Tugas dan Fungsi nya masing masing-masing. Kami di instansi kesehatan memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat yang terdampak banjir,” kata Tri Indarti.

Pelayanan yang dilakukan berupa pemeriksaan kesehatan, pemberian obat dan vitamin bagi warga sekitar yang terdampak banjir.

Baca Juga :  Sekda Dewa Indra Dorong Optimalisasi Penyaluran Kredit bagi Sektor Pertanian

Dengan adanya pelayanan ini menurut Tri Indarti banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan tersebut. Dari berbagai pelayanan kesehatan yang diberikan yang banyak dikeluhkan adalah sakit gatal-gatal, demam dan pegal.

“Banyak mengeluh pegal karena situasi banjir, mereka mengankut barang yang terendam air,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan kesehatan jatuhnya di hilir dalam artian dampak untuk secara umum dari pelayanan ini adalah untuk meningkatkan kekebalan imunitas tubuh. Mengingat situasi hujan ketahanan tubuh akan menurun. Sehingga dalam kegiatan ini pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk memperhatikan pola hidup sehat ditambah vitamin untuk meningkatkan imunitas.

Untuk pelayanan berikutnya pihaknya masih melihat situasi mengingat pelayanan kesehatan di Puskesmas sudah buka seperti biasa.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News