foto Lulusan SMA
Foto Lulusan SMA. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Bekerja di luar negeri menjadi salah satu impian dari banyak kalangan. Gambaran pekerjaan yang lebih menjanjikan dengan gaji yang lebih besar tentu saja menjadi alasan kenapa lowongan pekerjaan di luar negeri terus diburu. Hanya saja, terkadang, seseorang kurang percaya diri untuk mencari pekerjaan di luar negeri karena terkendala tingkat pendidikan.

Perlu diketahui bahwa Anda tidak harus mendapatkan gelar sarjana guna meniti karier di luar negeri. Ada cukup banyak profesi di luar negeri yang tersedia untuk lulusan SMA. Hanya saja, tentu Anda perlu memahami bahwa selain bermodalkan CV bahasa Inggris, Anda juga harus memiliki skill yang diperlukan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa profesi di luar negeri yang tersedia untuk lulusan SMA. Penasaran apa saja profesi tersebut? Simak ulasannya!.

Keuntungan Bekerja di Luar Negeri

Gaji yang lebih besar memang menjadi daya tarik tersendiri kenapa lowongan pekerjaan di luar negeri senantiasa menarik. Namun, perlu diketahui bahwa selain gaji yang besar, ada beberapa keuntungan lain yang bisa Anda jadikan motivasi untuk mencari pekerjaan di luar negeri.

Beberapa keuntungan tersebut diantaranya adalah:

  • Mendapatkan tambahan wawasan dari budaya negara yang berbeda
  • Peningkatan kemampuan berbahasa asing secara natural
  • Mendapatkan kesempatan menjalin relasi dalam skala internasional
  • Belajar untuk lebih disiplin dan mengatur waktu dengan lebih baik
Baca Juga :  Disperinaker Badung Canangkan SMK Pandawa Bali Global Role Model “SMK Siap Kerja”

Dengan beragam keuntungan tersebut, tentu saja bekerja di luar negeri akan menjadi hal yang sangat menyenangkan. Terlebih, untuk Anda yang masih berusia muda.

Daftar Profesi di Luar Negeri Untuk Lulusan SMA

Seperti yang disinggung sebelumnya, untuk lulusan SMA, peluang bekerja di luar negeri pun bisa dikatakan cukup besar. Pasalnya, banyak sektor yang membuka kesempatan. Hanya saja, tentu, nantinya akan dilakukan seleksi yang cukup ketat untuk mendapatkan calon pekerja dengan kemampuan yang mumpuni.

1. Perawat

Salah satu profesi di luar negeri yang sangat terbuka untuk para lulusan SMA adalah perawat, terutama perawat untuk lansia. Ada cukup banyak negara yang memerlukan perawat lansia dalam jumlah yang cukup besar dan cenderung bertambah setiap tahun. Beberapa negara tersebut diantaranya adalah Jepang, Taiwan, Hongkong dan lainnya.

Tidak hanya itu, terkait profesi ini, pemerintah Indonesia menyediakan jalur resmi government to government yang dibuka setiap satu tahun sekali. Untuk Anda yang berminat, tentu peluang ini bisa menjadi opsi yang dipertimbangkan.

2. Pegawai hotel

Profesi lain yang bisa dimanfaatkan para lulusan SMA untuk berkarier di luar negeri adalah pegawai hotel. Beberapa negara seperti Jepang membuka lowongan pekerja hotel yang senantiasa meningkat dari waktu ke waktu.

Baca Juga :  Disperinaker Badung Canangkan SMK Pandawa Bali Global Role Model “SMK Siap Kerja”

Selain itu, ada cukup banyak posisi yang ditawarkan dan bisa dijadikan pertimbangan untuk memulai karier. Beberapa posisi tersebut diantaranya adalah staff dapur, room cleaner, admin, resepsionis dan lainnya.

3. Pegawai di kapal pesiar

Pegawai di kapal pesiar juga menjadi daftar profesi yang tersedia untuk para lulusan SMA. Setiap tahun, ada cukup banyak lowongan pekerjaan di kapal pesiar yang bisa dimanfaatkan untuk memulai karier di luar negeri.

Tentu, ada cukup banyak posisi yang ditawarkan tergantung minat dan kemampuan yang Anda miliki. Hanya saja, Anda memang harus mengikuti pendidikan terlebih dahulu di lembaga kursus. Nantinya, lembaga kursus tersebut yang bekerja sama dengan pemerintah, akan mencarikan peluang Anda untuk bekerja di luar negeri.

Bisa dikatakan bahwa menjadi pegawai di kapal pesiar cukup banyak diminati. Pasalnya, selain gaji yang cukup besar, ada peluang untuk berkeliling dunia saat bertugas.

4. Pekerja pabrik

Untuk bekerja di luar negeri, Anda juga bisa mendaftar untuk menjadi pekerja di pabrik. Banyak pabrik besar terutama di negara industri yang memerlukan tambahan tenaga setiap tahunnya untuk menunjang produksi yang mereka lakukan.

Baca Juga :  Disperinaker Badung Canangkan SMK Pandawa Bali Global Role Model “SMK Siap Kerja”

Tentu saja, jenis pekerjaan yang tersedia berbeda-beda tergantung posisi yang didapatkan. Misalnya saja, lowongan untuk mengoperasikan mesin, bekerja di bagian gudang atau lainnya. Meskipun terkesan merupakan pekerjaan yang berat, namun gaji yang didapatkan dari jenis pekerjaan ini bisa dikatakan cukup besar.

5. Pegawai pertanian

Satu lagi profesi yang menarik dan bisa dijadikan pertimbangan untuk berkarier di luar negeri bagi lulusan SMA adalah pegawai pertanian. Di beberapa negara, terutama di kawasan Asia, ada banyak lowongan pekerjaan untuk beragam posisi yang berbeda.

Bisa dikatakan bahwa peluang untuk menjadi pegawai pertanian ini cenderung lebih terbuka karena profesi ini lebih sepi peminat dibandingkan dengan profesi lainnya. Padahal, dari segi gaji, bisa dikatakan bahwa besaran gaji yang diterima pun tidak kalah besar.

Nah, setidaknya, ada lima profesi di luar negeri yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memulai karier bagi lulusan SMA. Dengan adanya peluang tersebut, Anda tentu akan semakin terpacu untuk meningkatkan pengetahuan dan skill demi mendapatkan kesempatan berkarier di luar negeri. (penulis : dzotan)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini