Bunda PAUD
Ketua TP PKK Tabanan Serahkan PMT Bagi Balita Gizi Kurang, Anak PAUD dan Pasien Tuberkulosis. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Senantiasa menyapa dan berbagi kepada masyarakat Tabanan, Ketua TP PKK Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, S.H., M.M., yang dalam hal ini juga bertindak sebagai Bunda PAUD dan Ketua Badan Kehormatan PPTI Kabupaten Tabanan, gelar roadshow Penyerahan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) kepada Balita Gizi Kurang, Anak PAUD, dan Pasien Tuberkulosis se-Kabupaten Tabanan mulai hari ini, Kamis (13/10/2022).

Kegiatan yang pertama ini berlangsung di Kecamatan Tabanan dan dilanjutkan di Kecamatan Kediri. Ny. Rai Wahyuni yang saat itu juga bertugas sebagai Bunda PAUD Tabanan, menyapa langsung anak-anak yang telah memenuhi lokasi kegiatan dengan sapa hangat dan semangat. Turut hadir saat itu, Camat Tabanan dan Camat Kediri, Pengurus TP. PKK dan Bunda PAUD Kabupaten, Ketua TP PKK Kecamatan Tabanan dan Kediri beserta pengurus, Ketua PPTI, koordinator puskesmas, Bapak dan Ibu Guru PAUD, selaku undangan dan para orang tua balita beserta anak-anak PAUD penerima manfaat.

Baca Juga :  Alumni Smaspen Mengenang Masa Indah di SMA

Adapun bantuan makanan tambahan yang diberikan terdiri dari telur, kacang hijau, minuman buah,biskuit dan jajanan pasar yang bisa langsung dinikmati. Rai Wahyuni menerangkan, pemberian makanan sehat dan bergizi pada anak merupakan salah satu indikator penurunan angka stunting, di mana permasalahan stunting saat ini menjadi fokus perhatian pemerintah, baik itu pemerintah pusat sampai daerah. Meskipun di kabupaten Tabanan sendiri, angka stunting memang tidak  terlalu tinggi, namun tetap tidak boleh terabaikan.

“Saya selaku ketua TP PKK dan Bunda PAUD Kabupaten Tabanan, senantiasa bersinergi dengan pemerintah untuk mensosialisasikan dan melakukan langkah nyata dalam upaya penanganan stunting di Kabupaten Tabanan seperti kegiatan yang kita laksanakan hari ini,” ujarnya saat itu.

Baginya, hal tersebut tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi harus tetap dilakukan bersama. Terlebih para guru dan orang tua yang harus memiliki pemahaman yang sama dalam pengendalian stunting, termasuk pemahaman terhadap pola asuh dan pengetahuan gizi orang tua bagi anak.

Sebagai bentuk komitmen Bunda PAUD untuk mewujudkan anak PAUD yang sehat, cerdas, ceria, bersama dengan Pemerintah Kabupaten Tabanan sedang dibangun Taman Ramah Anak Bunda PAUD di lapangan Dangin Carik.

Baca Juga :  160 Siswa SD Ikuti Seleksi Siswa Berprestasi

“Di sana Bunda memberikan ruang untuk anak-anak bermain, belajar, berkreatifitas serta mengembangkan minat dan bakat didampingi oleh orang tua atau para guru. Di mana rencananya di akhir tahun ini taman tersebut akan selesai dibangun,” papar Bunda PAUD Tabanan.

Sumbangan berikutnya yang diberikan yakni bagi pasien tuberkulosis yang diterima oleh perwakilan koordinator masing-masing puskesmas berupa sembako dan olahan bahan makanan siap makan. Selain itu, selain sebagai ketua Badan Kehormatan PPTI, Ny. Rai Wahyuni yang juga berperan sebagai Bunda Literasi, tidak lupa mengingatkan anak-anak untuk selalu membaca buku.

“Berkolaborasi dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip, kami menyediakan perpustakaan offline, di mana Bapak dan Ibu Guru dapat mengajak anak-anak untuk berkunjung atau mengundang mobil perpustakaan keliling untuk hadir ke sekolah Bapak dan Ibu Guru,” imbuhnya.

Baca Juga :  Bupati Jembrana Lepas 200 Peserta Tes Kebugaran SIPGAR

Tak hanya itu, perpustakaan digital juga sudah disediakan, dengan harapan dapat meningkatkan budaya membaca sejak dini kepada anak-anak, agar menjadi penerus bangsa yang cerdas. Konsen perhatian Ny. Rai Wahyuni terhadap pulihnya kondisi penderita tuberkulosis, balita dengan gizi kurang, termasuk penekanan angka stunting di Tabanan dan juga wujud cinta kasih yang diberikan terhadap anak-anak PAUD di Tabanan disambut dengan sangat baik oleh masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Ketua TP PKK, yang juga selaku Ketua Badan Kehormatan PPTI Tabanan, serta sebagai Bunda PAUD yang telah memberikan perhatian yang begitu besar kepada masyarakat pasca pandemi Covid-19 ini,” ungkap Ny. Sagung Mas Darma Ariantha, selaku Ibu Camat Tabanan yang menyambut dengan hangat pagi itu. Bantuan ini diharapkan, mampu meringankan beban masyarakat dan memberikan manfaat yang baik bagi para penerima bantuan.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini