INNOPA unud
INNOPA Ke-9 Diselenggarakan di Universitas Udayana, 32 Negara Turut Berpartisipasi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Universitas Udayana (Unud) bekerjasama dengan INNOPA selenggarakan kegiatan Indonesia Inventors Day 2022 bertempat di Gedung Widya Sabha Kampus Bukit Jimbaran, yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 29 sampai dengan 31 Oktober 2022. Indonesia Inventors Day 2022 dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali Ir. I Made Gunaja, M.Si. yang ditandai dengan pemotongan pita.

President of INNOPA Erricha Insan Pratisi dalam menyampaikan Indonesia Inventors Day 2022 ini merupakan kegiatan yang ke Sembilan kalinya dilaksanakan yang bertujuan untuk memotivasi para siswa dan juga mengapresiasi mereka yang telah menciptakan produk inovasi, mendedikasikan dirinya untuk menjadi seorang inventor muda melalui ajang penghargaan yang ada dalam kegiatan ini.

“Selain itu juga untuk menginisiasi proses komersialisasi dari produk-produk inovasi mereka kedepannya agar bisa sampai ke masyarakat,”ujarnya.

Untuk tahun ini INNOPA mengundang lebih dari 32 negara yang berpartisipasi dengan sistem hybrid, dan untuk offline tahun ini dihadiri lebih dari 1.000 inovator dari 7 negara. Harapannya ke depan akan banyak pruduk buatan Indonesia dari para innovator muda seperti ini yang bisa ada di masyarakat Indonesia maupun global.

Baca Juga :  Penandatanganan LOI antara FMIPA Unud dan Lumen Media

Dari pengamatan selama Sembilan tahun ini tiap negara mempunyai keunikan masing-masing, seperti Indonesia lebih banyak kepada pemanfaatan sumber daya alam yang ada di sekitar kita untuk diracik kembali menjadi  obat atau kuliner, sementara dari negara lain sudah ke arah pemanfaatan atau pengembangan teknologi. Kegiatan yang dilaksanakan ini juga sudah bekerjasama dengan BRIN yang nantinya diharapkan akan memberikan kesempatan kepada para inovator muda untuk berkolaborasi dengan riset yang ada di BRIN untuk mematangkan produknya melalui sistem inkubasi.

Sedangkan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT.,Ph.D.,IPU dalam acara ini menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas pemilihan Universitas Udayana sebagai tempat prlaksanaan kegiatan ini. Kegiatan ini sangat terkait dengan bidang kita di Universitas Udayana.

Baca Juga :  Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

“Kedepannya diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahun di Universitas Udayana dan diharapkan hasil riset dosen juga bisa dipamerkan maupun di kompetisikan dalam kegiatan ini untuk mendapatkan masukan dari peserta yang lain karena di sini pasti akan terjadi sharing pengetahuan untuk kita bersama,” terang Prof. Ngakan.

Kegiatan ini juga salah satu bentuk kegiatan hilirisasi dari berbagai riset dan pameran produk-produk unggulan,  diharapkan nantinya masyarakat bisa lebih kenal terhadap produk tersebut, sehingga nantinya bisa diadopsi oleh industri untuk di produksi. Selain itu mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini juga diharapkan bisa terus berkarya walaupun telah lulus, karena ini dapat memberikan dampak terhadap teman-teman yang lain nantinya.

Sementara Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali Ir. I Made Gunaja, M.Si. menyampaikan terima kasih kepada President of INNOPA karena telah memilih Bali sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini. Riset dan inovasi daerah ke depan akan didorong menjadi center of excellent untuk terwujudnya pembangunan daerah berbasis riset dan inovasi yakni sebagai pusat riset dan inovasi terintegrasi yang mampu menghasilkan pembaruan dan penemuan baru untuk mampu menjawab tuntunan kebutuhan dan harapan di masa mendatang.

Baca Juga :  Siap Meriahkan BK ke-37, Pemilihan Jegeg Bagus FPAR Kembali Digelar

“Dalam rangka mewujudkan Inovasi dan membangun ekosistem inovasi sangat dibutuhkan, sinergi antara pemerintah daerah, perguruan tinggi, dan lembaga iptek, serta dunia usaha dan industri untuk mengatasi berbagai keterbatasan,” pungkasnya.

Upaya ini tentunya akan memacu perkembangan inovasi di daerah dan hasilnya lebih cepat dirasakan oleh masyarakat. Oleh karena itu Pemerintah provinsi Bali sangat mendukung dan mengapresiasi atas apa yang telah di inisiasi oleh INNOPA dalam mendukung upaya pemerintah dalam mendorong pengembangan ekosistem inovasi sekaligus sebagai bagian solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Harapannya kegiatan ini akan memberikan sumbangsih penting bagi perkembangan inventor muda di daerah, khususnya di Provinsi Bali. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini