Sekda Alit Wiradana
Hadapi Cuaca Ekstrem, Sekda Alit Wiradana Minta Seluruh OPD Tingkatkan Kewaspadaan dan Siaga Bencana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini menjadi salah satu hal yang patut diwaspadai oleh masyarakat. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan curah hujan tinggi masih akan terjadi hingga bulan Desember mendatang. Menghadapi hal tersebut, Pemerintah Kota Denpasar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar mengadakan Rapat Koordinasi dalam rangka Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Hidrometeorologi yang diselenggarakan di Graha Sewakadharma pada Rabu (19/10/2022).

Rapat Koordinasi ini dipimpin langsung oleh Sekda Denpasar, I.B Alit Wiradana, membahas antisipasi dan peran OPD dalam menghadapi bencana hidrometeorologi di Kota Denpasar. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Joni Ariwibawa, Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar, Ida Bagus Putra Wirabawa, Perwakilan dari Balai Wilayah Sungai Bali Penida, Dinas PUPR, serta Camat, Perbekel/Lurah Se-Kota Denpasar, serta OPD terkait lainnya.

Baca Juga :  Gathering Konsumen “April I’m In Love” Dealer Asia Motor

Sekda Alit Wiradana dalam kesempatan tersebut meminta seluruh OPD dan jajaran untuk berkerjasama dalam menghadapi bencana hidrometeorologi.

“Saya meminta kepada semua komponen, serta seluruh jajaran OPD untuk meningkatkan kewaspadaan dan siaga bencana, serta saling bekerjasama dan bersinergi khususnya terkait pencegahan hingga penanganan bencana hidrometeorologi, karena ini merupakan tanggungjawab bersama. Saat ini curah hujan di Kota Denpasar dan sekitarnya masih cukup tinggi, yang diperkirakan masih akan  berlangsung hingga bulan Desember, untuk itu saya juga mengimbau OPD untuk kembali menggiatkan program bapak angkat di desa dan kelurahan, serta membangun komunikasi dan koordinasi secara intens.  Informasikan dan laporkan setiap saat keadaan dan penanganan bencana sesuai peran dan tugas masing-masing,” kata Alit Wiradana.

Baca Juga :  Wasdal Miras, Antisipasi Menjelang Nyepi

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Joni Ariwibawa mengatakan, rapat ini diadakan dalam rangka mengantisipasi bencana hidrometeorologi yang terjadi di Kota Denpasar. Dia turut menghimbau kepada camat hingga Perbekel/lurah untuk senantiasa memperhatikan kebersihan sungai di wilayahnya masing-masing, karena erat kaitannya dengan permasalahan banjir. Dia menambahkan, jika terjadi bencana dapat menghubungi BPBD Kota Denpasar melalui call center 112, atau (0361) 223333.

“Kami siaga 24 jam dan mengoperasikan beberapa pos kegawatdaruratan yang tersebar di empat Kecamatan,” kata Joni Ariwibawa.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini