Asisten Administrasi Umum
Asisten Administrasi Umum, Cok Raka Darmawan saat menutup Pelatihan Statistik Sektoral BPS di Ruang Kriya Gosana Lantai III di Puspem Badung, Rabu (19/10/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pemerintah Kabupaten Badung melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Badung (Balitbang) melaksanakan kerja sama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Badan Pusat Statistik (Pusdiklat BPS) RI, dalam rangka pelatihan Statistik Sektoral Kabupaten Badung Tahun 2022. Pelatihan Statistik Sektoral BPS ini ditutup oleh Asisten Administrasi Umum, Cokorda Raka Darmawan, bertempat di Ruang Kriya Gosana Lantai III di Puspem Badung, Rabu (19/10/2022).

Turut hadir Kapusdiklat BPS RI, Eni Lestariningsih, Kepala Balitbang Kabupaten Badung, I Wayan Suambara, pejabat di lingkungan Pemkab Badung, Ketua Panitia selaku Widyaiswara Madya Tri Nugrahadi beserta para Pelatihan Statistik Sektoral BPS di lingkungan Pemkab Badung.

Asisten Administrasi Umum, Cokorda Raka Darmawan seusai acara mengatakan, pelaksanaan pelatihan statistik sektoral kepada ASN di Kabupaten Badung merupakan langkah yang positif dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM terutama tentang bagaimana strategi penerapan, pengelolaan statistik, dimana pengelolaan data sangat sulit didapatkan, apalagi menyusun data, tetapi jauh lebih sulit menyusun kebijakan maupun program tanpa didukung oleh data yang akurat.

“Dengan adanya pelatihan ini, dari masing-masing perangkat daerah yang mengirim pesertanya, tentu memiliki SDM yang memiliki kemampuan dalam melakukan seperti bagaimana mengumpul data yang baik, bagaimana mengelola data, serta bagaimana untuk penggunaannya. Dimana program kedepan, kebijakan kedepan di Pemkab Badung bisa tersusun dengan baik dan terencana sesuai data yang akurat,“ terangnya.

Baca Juga :  Tenaga Ahli Autisme di Indonesia Masih Terbatas

Sementara itu Ketua Panitia selaku Widyaiswara Madya Tri Nugrahadi dalam sambutannya mengatakan, Pelatihan Statistik Sektoral BPS Kabupaten Badung ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, kompetensi para peserta di lingkungan Pemkab Badung, khususnya dalam bidang Statistik.

“Dalam pelatihan ini, para peserta di Badung sudah memperoleh beragam Statistik, dalam rangka untuk mendukung pemahaman mereka, untuk bagaimana mengelola data, membuat analisis, sampai pada tahapan membuat rekomendasi. Dari rekomendasi itu, kita harapkan bisa di pull up lebih lanjut, seperti adanya diskusi yang bisa diterapkan untuk pembangunan di Pemkab Badung. Dari hasil penelitian yang murni dilakukan oleh panitia beserta penguji, dengan hasil yang mereka dapatkan sangatlah bagus, sangat luar biasa. Di langkah pertama pelatihan 83% dengan nilai sangat memuaskan. Nilai memuaskan itu berada di angka minimal nilai 90,01%. Dari peserta Statistik Sektoral BPS hanya 7 yang memuaskan. Mudah-mudahan ini bisa mendorong para peserta yang lainya untuk belajar statistik lebih jauh, bahkan diharapkan kepada peserta yang sudah ikut Pusdiklat agar membagi ilmunya kepada para peserta yang lainya,” ucapnya.

Baca Juga :  Mahasiswa FK UGM Berjaya di Kompetisi Ilmiah Nasional HOLISTIC 2017

Adapun peserta terbaik dari Pelatihan Statistik Sektoral Tahun 2022 yakni dari Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Badung serta Inspektorat Badung. Seusai penutupan pelatihan statistik sektoral, untuk mempererat tali silaturahmi dilakukan penyerahan cinderamata antara Pusdiklat BPS RI dengan Pemkab Badung.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini