fakultas pertanian unud
Fakultas Pertanian Unud Gelar Workshop Bioinformatics. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Studi Magister Bioteknologi Pertanian, Magister Lahan Kering dan Magister Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Udayana menggelar Workshop Bioinformatics bertempat di Lab Phytopatology Fakultas Pertanian, Gedung AG Kampus Sudirman Denpasar, Senin (17/10/2022).

Selaku Host Workshop yakni Prodi Magister Bioteknologi Pertanian dan diikuti oleh mahasiswa jenjang S1 dan S2 yang ingin mengenal Bioinformatika dimana pengetahuan Bioinformatika ini sangat diperlukan untuk pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan molekuker, bagaimana mengedit DNA, bagaimana mengetahui semua DNA yang ada pada pada gen bank.

Baca Juga :  Wisuda Ke-150, Universitas Udayana Lepas 1.427 Wisudawan dan 48 Orang Diantaranya Raih Gelar Doktor

Adapun narasumber dalam workshop yakni Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP (Wakil Rektor Bidang Akademik Unud) dengan materi Sequence Management, I Putu Sudiarta, SP., M.Si., Ph.D., dengan materi Molecular Biology and Phylogency Concept dan Dewa Gede Wiryangga Selangga, SP., M.Si., dengan materi Sequence and Phylogency Analysis. Workshop akan berlangsung selama satu minggu karena selain teori akan dilakukan percobaan termasuk penugasan.

Koorprodi Magister Biotektologi Pertanian Dr. Gusti Ngurah Alit Susanta Wirya, SP.,M.Agr selaku penyelenggara berharap setelah ada workshop ini, bagi mahasiswa yang sedang meneliti tentang molekuler bisa menggunakan data-data pada gen bank, terutama dalam melakukan kloning, mengidentifikasi tanaman atau mikroba bisa melalui ini sehingga pada saat penelitian mudah menggunakan data-data pada gen bank.

Baca Juga :  Canangkan Lulus Tanpa Sidang Skripsi, FKH Unud Gelar Lokakarya Revisi Pedoman Proposal Penelitian dan Skripsi

“Dengan demikian penelitian-penelitian yang mengarah ke molekuler lebih banyak sehingga kita bisa bersaing dengan universitas-universitas yang ada di luar Bali bahkan luar negeri karena penelitian untuk pertanian sekarang lebih banyak ke arah molekuker,” ucapnya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini