ftp unud
100 Orang Pemakalah Ikut Sukseskan Seminar dalam Rangka Peringati HUT Fakultas Teknologi Pertanian Unud. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana (FTP Unud) selenggarakan Seminar Nasional “Inovasi Teknologi Pertanian dalam Mewujudkan Kemandirian Pangan Nasional yang Berkelanjutan Di Era Society 5.0”, bertempat di Aula Gedung Pascasarjana Kampus Sudirman Denpasar, Jumat (14/10/2022).

Seminar ini digelar dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Udayana yang ke 60 dan hari ulang tahun Fakultas Teknologi Pertanian yang ke-38 serta Badan Kekeluargaan FTP yang ke-28. Seminar ini juga dirangkaikan dengan Pameran Produk Inovasi bertempat di Ruang Terbuka Hijau (RTH), Kampus Sudirman Denpasar.

Dr. Luh Putu Wrasiati selaku Ketua Panitia menyampaikan pada seminar ini terdapat 100 orang pemakalah yang merupakan pemakalah oral presentation maupun pemakalah poster yang diterima dari berbagai universitas di Indonesia terdiri dari Universitas Andalas, Universitas Lampung, Universitas Palangkaraya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Djuanda, Instiper Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Brawijaya yang merupakan jumlah terbanyak, di samping itu juga pemakalah dari Universitas Katolik Widya Mandala, Universitas Jember, Universitas Trunojoyo, Universitas Bali Internasional, Universitas Mataram dan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba.

“100 pemakalah ini terdiri atas 62 pemakalah dosen dan 38 pemakalah mahasiswa serta didukung dengan peserta seminar dari kalangan dosen dan mahasiswa yang berjumlah 148 orang,” terang Luh Putu Wrasiati.

Baca Juga :  812 Peserta Ikuti UTBK Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Profesi, Pascasarjana dan PPDS Unud

Pada pameran inovasi kami didukung oleh 24 stand pameran dari kalangan mahasiswa yaitu pemenang hibah program pembinaan wirausaha mahasiswa dan mahasiswa merdeka belajar wirausaha merdeka, program mahasiswa wirausaha Universitas Udayana, produk dosen dari hibah penelitian dan inovasi, pra start up dan start up inovasi serta UKM dan UMKM binaan Universitas Udayana. Penyelenggaraan Seminar mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Bali, PT Urban Company, Forum Komunikasi PS Industri Pertanian Indonesia, Denpasar Children Center dan Denpasar Autocare Center, PT IKA Laboratories dan beberapa pihak lainnya.

Sementara Dekan FTP Unud Prof. I Made Anom Sutrisna Wijaya menyampaikan seminar ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan setelah pandemi dan juga merupakan seminar yang akan digelar tiap dua tahun begitu juga dengan seminar internasional. Tahun ini diselenggarakan seminar nasional, dan  tahun depan akan diselenggarakan seminar internasional dan akan dilakukan selang-seling. Tentunya dengan harapan melalui seminar ini terjadi pertukaran informasi baik yang ada di Indonesia maupun di tingkat internasional.

Baca Juga :  Dosen Muda Udayana Tampil Memukau di Final Anugerah ASN 2021

“Mitra dari Jepang, Korea, China, Austria, USA dan Australia adalah partner yang diajak kerjasama untuk penyelenggaran seminar, dan yang paling intens adalah dari Malaysia yakni UTM,” ucap Prof. Anom.

Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara pembukaan seminar ini mengatakan Fakultas Teknologi Pertanian sangat penting artinya bagi perkembangan Unud secara umum karena cukup banyak civitas akademika dari fakultas ini yang sudah memberikan kontribusinya  bagi pengembangan Unud. Namun, masih banyak hal yang harus dilakukan untuk pengembangan FTP kedepannya. Pihaknya telah merencanakan pembangunan Dekanat untuk Fakultas Teknologi Pertanian beserta Lab di Kampus Jimbaran secara bertahap yang diharapkan dapat dimulai tahun depan.

Baca Juga :  Rapat Tim Persiapan Pelaksanaan Akreditasi Internasional Prodi di FMIPA Unud

“Harapannya semua perkuliahan di FTP dapat difokuskan di Kampus Jimbaran dan menjadi target untuk menjadi salah satu fakultas yang modern. Untuk menunjang hal ini, banyak hal yang  harus dilakukan oleh civitas FTP Unud. Rektor mengapresiasi hal-hal yang sudah dilakukan FTP Unud, salah satunya dengan pelaksanaan kegiatan seminar ini,” ucap Prof. Antara.

Seminar ini menghadirkan beberapa keynote speaker yakni Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Prof. Hadikaria Purwadaria dari Asosiasi Inkubator Bangkit, Prof. Christofora Hanny Wijaya dari IPB, Prof. Gede Bayu Suparta dari UGM, Dr. M. Fuad F.Mu’tamar dari Universitas Trunojoyo serta Narsumber dari PT Nutrifood Indonesia dan PT Coca Cola Company. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini