Desa Wisata
Desa Wisata Undisan Juara 3 Desa Wisata Maju, Dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, didampingi Ny. Suciati Diar, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangli, I Wayan Sugiarta beserta pengurus Desa Wisata Undisan, memerimAnugerah Desa Wisata Indonesiaa penghargaan  dalan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada Minggu (30/10/2022) malam.

Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat tersebut juga dihadiri oleh Wakil Gunernur Bali, Tjokorda Arta Ardana Sukawati (Cok Ace) beserta seluruh Kepala Daerah dan pengurus Desa Wisata Seluruh Indonesia yang menerima penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022.

Ada 2 Desa di Provinsi Bali yang berhak mendapatkan penghargaan dalam malam Anugerah Desa Wisata Indonesia tersebut, yakni Desa Wisata Undisan Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali, sebagai juara 3,  dan Desa Wisata Sudaji  Buleleng, Bali, sebagai juara 2 dalam kategori Desa Wisata Maju ADWI 2022, sedangkan untuk  Juara Pertama diraih oleh Desa Wisata Semen di Blitar, Jawa Timur.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan selamat dan apresiasinya atas terpilihnya 50 desa wisata terbaik dari 3.000 lebih desa wisata yang berpartisipasi tahun ini. Pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada 3.419 desa wisata yang telah mengikuti ADWI 2022 dari 34 provinsi diseluruh Indonesia. Ia juga memberi apresiasi khusus kepada pemerintah dan kepala daerah yang telah menggali potensi desa wisata.

Baca Juga :  Wujudkan Janji Politik, Bupati Bangli Geber Pembangunan Infrastruktur Jalan

“Tujuan dilaksanakannya Anugerah Desa Wisata Indonesia adalah untuk Menumbuhkan motivasi pengelola desa wisata untuk selalu melakukan Inovasi & Kreatifitas, Berkontribusi dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, Pelestarian Lingkungan dan Budaya sebagai bentuk penerapan Pariwisata berkelanjutan, Mendorong Pemerintah daerah untuk Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi guna  mewujudkan Pencapaian Pembangunan Pariwisata Nasional, Sinergitas & Kolaborasi program kerja di lingkungan   Kemenparekraf maupun Lintas K/L,” imbuhnya

Menparekraf menambahkan, ada tujuh aspek penilaian untuk desa terbaik dengan empat kategori tambahan. Ketujuh aspek tersebut mencakup desa wisata terbaik kategori Kelembagaan Desa, Daya Tarik Pengunjung, CHSE, Suvenir, Digital dan Kreatif, Homestay, dan Toilet Umum. Kemudian tiga kategori tambahan adalah Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Berkembang, Desa Wisata Maju.

Baca Juga :  Wagub Cok Ace Dorong Asosiasi MICE Bersatu untuk Bangkit

“Terakhir ialah desa dengan kategori Desa Terfavorit yang diputuskan berdasarkan jumlah vote terbanyak melalui netizen yang dilihat berdasarkan perolehan likes di YouTube Kemenparekraf selama tanggal 24 sampai 28 Oktober 2022,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, merasa bangga atas capaian yang telah diraih oleh Desa Wisata Undisan. Atas nama Pemerintah Kabupaten Bangli, Wabup Diar mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan bekerja keras, sehingga desa wisata Undisan bisa meraih juara 3 Kategori Desa Wisata Maju dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2022 ini.

Baca Juga :  Wagub Cok Ace Sambut Baik Partisipasi UNUD Mengedukasi Warga Terkait Covid-19

Wabup Diar menambahkan saat ini pemerintah Kabupaten Bangli melalui Visi ‘Nangun Sat Kerti Loka Bali di Kabupaten Bangli Menuju Bangli Era Baru’ sedang melakukan berbagai lompatan pembangunan, meliputi Pembangunan infrastruktur, Pembangunan alun-alun Bangli, pembangunan gedung- gedung Pemerintahan, pembangunan pasar, pembangunan RSUD Bangli, pembangunan gedung DPR termasuk pembangunan penunjang pariwisata.

“Semoga pencapaian ini menjadikan Pariwisata di Kabupaten Bangli khususnya Pariwisata desa menjadi lebih berkembang lagi untuk kedepannya. Pariwisata yang mampu memanfaatkan sumber daya alam, budaya dan kearifan lokal masyarakat sebagai media promosi pariwisata yang dapat mengangkat perekonomian masyarakat di Kabupaten Bangli,” harapnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini