Jembrana
Bupati Jembrana Resmikan Bale Paselang Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Bupati Jembrana, I Nengah Tamba meresmikan pemanfaatan bale peselang (bale banten) dengan penandatanganan prasasti di di Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo di Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (26/10/2022). Upacara pemelaspasan itu bertepatan dengan Pujawali Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo yang ke-63 dan Perayaan Hari Suci Pagerwesi. Bale peselang merupakan Bantuan Dana Hibah Pemkab Jembrana Tahun Induk 2022.

Bupati I Nengah Tamba bersyukur bangunan fasilitas di Pura Alas Purwo ini bisa terselesaikan tepat waktu. Dia berharap bale paselang menambah fasilitas pura dan bermanfaat bagi umat hindu khususnya di Banyuwangi.

Baca Juga :  Wabup Ipat Buka Turnamen Basket SMANSA Cup XIII

Bupati menambahkan umat Hindu Bali hadir di Jawa ini untuk memberikan semangat kepada umat yang hadir, khususnya Umat Hindu di Banyuwangi tetap meningkatkan keyakinannya kepada Agama.

“Sebagai Umat Hindu, saya sangat ingin sekali dengan  niat yang besar  membantu di setiap simpul-simpul umat Hindu untuk ikut membangun Pura yang akan dibangun. Seperti saat ini Pemkab membantu Bale Peselang beserta upacara pemelaspasannya,” tutur Bupati.

Upacara piodalan bertepatan dengan perayaan hari Pagerwesi ini kata Bupati juga merupakan momentum yang sangat baik. Peringatan hari suci ini kata Bupati dimaknai sebagai membentengi diri, agar selalu kuat dalam berumahtangga, bernegara, dan bakti kita kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

“Sebagai pengingat dan keteguhan. Kuat dan dipagari kita bersama,” jelas Bupati Tamba yang juga dipercaya sebagai Pembina Umat Hindu di Jawa Timur.

Baca Juga :  Pastikan THR dan Gaji Ke-13 Cair 100 Persen, Bupati Tamba Ajak Pegawai Kerja Keras

Sementara panitia pembangunan pura sekaligus pengempon, Sujarwo atas nama umat hindu di Banyuwangi berterimakasih atas bantuan hibah Pemkab Jembrana. Pelaksanaan pembangunan sebutnya berlangsung selama tiga bulan dimulai sejak prosesi Ngeruak 1 Agustus hingga 22 Oktober 2022.

“Saya haturkan terima kasih pada upacara peresmian dan pemelaspasan ini. Bantuan ini tentu sangat berarti bagi kami. Tidak hanya untuk melengkapi fasilitas pura tapi juga membantu perkembangan umat disini,” tandasnya.

Upacara dipuput  Ida Peranda Gede Putra Kemenuh, Griya Kusara Batuagung, Jembrana, Ida Bopo Pandita Giri Dharma Aksa, Griya Giri Purwo Santhi Purwoharjo Buruan, Banyuwangi. Rangkaian acara diawali pementasan topeng keras persembahan Universitas Hindu Negeri, I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar dilanjutkan pemberian dharma wacana dan muspa bersama.

Baca Juga :  Sampaikan Selamat Lebaran, Bupati Tamba Sambangi Sejumlah Tokoh Muslim Jembrana

Turut juga hadir Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna Kapolres Jembrana, AKBP Dewa Gede Juliana serta beberapa pimpinan OPD dilingkup Pemkab Jembrana.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News