Karya Agung Ngenteg
Bupati Nyoman Giri Prasta menghadiri Karya Agung Ngenteg Linggih dan Nubung Pedagingan Panca Datu, Penyejeg Caru Panca Rupa, Wraspati Kalpa Agung di Pura Paibon Jineng Pasek Gelgel Banjar Adat Ambengan Linggah, Desa Adat Sebunibus, Desa Sakti Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Jumat (7/10/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta menghadiri langsung Karya Agung Ngenteg Linggih dan Nubung Pedagingan Panca Datu, Penyejeg Caru Panca Rupa, Wraspati Kalpa Agung di Pura Paibon Jineng Pasek Gelgel Banjar Adat Ambengan Linggah, Desa Adat Sebunibus, Desa Sakti Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Jumat (7/10/2022). Turut hadir Ketua MGPSSR Klungkung, I Wayan Sudiarsa beserta jajaran, Manggala Karya, I Nengah Setar dan undangan lainnya.

Karya ini sudah dimulai mulai tanggal 25 Oktober 2022 dengan melaksanakan matur piuning, puncak karya Ngenteg Linggih Pengingkup Pengebek Pawintenan Piodalan akan dilaksanakan tanggal 11 Oktober 2022 dan Nyegara Gunung dan meajar-ajar akan dilaksanakan tanggal 15 Oktober 2022.

Baca Juga :  Rai Iswara Apresiasi SMK Bali Dewata dan SMK Kesehatan Bali Dewata

Pada kesempatan ini Bupati Badung melaksanakan mendem pedagingan dilanjutkan dengan melaksanakan persembahyangan bersama. Bupati Badung turut menyumbang bantuan yang bersumber dari dana pribadi sebesar Rp20.000.000.

Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta memberikan apresiasi semangat krama dalam melaksanakan karya dengan tingkat utama, karena semua harus selalu berpedoman dengan ajaran agama Hindu berlandaskan Dharmaning Leluhur, Dharmaning Agama dan Dharmaning Negara. Dimana dharmaning leluhur mengingatkan paiketan untuk selalu mengingat leluhur, dharmaning agama mengingatkan paiketan ini untuk selalu ingat kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa Tuhan Yang Maha Esa dengan sradha bhakti dalam semua kegiatan. Dengan dilaksanakannya dharmaning ini, diharapkan bisa mempererat persaudaraan dan persatuan yang ada agar tidak terpecah belah, karena dengan bersatu setengah perjuangan berhasil, sebaliknya apabila tidak bersatu setengah perjuangan gagal, seraya berharap dudonan karya dapat berjalan lancar, labda karya sida sidaning don.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Hadiri Tawur Agung Pura Dalem Sedang

Pihaknya juga mengharapkan kepada tokoh-tokoh yang ada di Nusa Penida untuk membuat jembatan emas bagi generasi selanjutnya demi anak cucu dimasa depan.

“Di tahun 2023 nanti, saya siap untuk melaksanakan pembangunan sekretariat untuk semeton saya MGPSSR yang ada di Nusa penida ini,”ujar Bupati Giri Prasta.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini