Denpasar
Antisipasi Kasus Demam Berdarah, Puskesmas 3 Denpasar Selatan Lakukan PSN, Larvasida dan Foging. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam upaya menurunkan terjadinya angka  kasus demam berdarah, para jumantik Puskesmas 3 Denpasar Selatan fokus lakukan Kegiatan PSN dan Larvasida di Pura Candi Narmada serta foging di Br. Kajeng, Jumat (28/10/2022).

Kepala Puskesmas 3 Denpasar Selatan, drg. Putu Judy Satyawati mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan dari jam 6 pagi. Jajaran yang terlibat dalam kegiatan ini adalah seluruh jumantik Puskesmas 3 Denpasar Selatan, pemegang program DBD yang berkoordinasi dengan kaling Br.Kajeng.

“Kegiatan ini merupakan langkah penting dalam mengantisipasi angka terjadinya penyakit demam berdarah karena ditemukan jentik di tempat yang menampung air, air hujan, genangan pot dan tanaman air,” kata Judy Satyawati.

Dari kegiatan ini, tujuan PSN dan Larvasida adalah mematikan jentik nyamuk sedangkan foging untuk mematikan nyamuk dewasa.

Baca Juga :  Pemkab Tabanan Gelar Musrenbang RKPD 2019

Penyebaran bubuk abate sendiri menurut dr. Judy dilakukan untuk mencegah penyebaran nyamuk penyebab demam berdarah yang dilakukan pada 30 rumah perhari.

“Kami melakukan kegiatan ini dalam upaya gertak fokus persiapan G20,” lanjutnya.

Menghadapi cuaca ekstrem seperti sekarang, dr. Judy mengaku pihak Puskesmas 3 Densel, melakukan kegiatan gertak larvasida setiap hari dengan menyisir rumah warga.

“Kami berharap kegiatan ini bisa memberikan edukasi kepada masyarakat untuk melakukan PSN mandiri dan kegiatan 3M+ diantaranya Menguras, Menutup, dan Mengubur serta mendaur ulang atau memanfaatkan barang bekas pakai agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk,” tutupnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini