Denpasar
Antisipasi Banjir, Desa Sanur Kauh Lakukan Pembersihan Sungai. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Petugas kebersihan dari Desa Sanur Kauh melakukan kegiatan pembersihan aliran air sungai. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu untuk menjaga kelancaran aliran air menuju kehilir yang dilakukan di Jl. Tirta Akasa Dusun Betngandang Sanur Kauh, Selasa (25/10/2022).

Ketika dikonfirmasi terkait kegiatan ini, Perbekel Sanur Kauh Made Ada mengungkapkan panjang aliran sungai yang dibersihkan sepanjang 500 meter.

“Dengan adanya petugas khusus kebersihan ini sangat membantu masyarakat dalam kegiatan pembersihan sungai. Tak hanya itu, petugas ini juga bertugas memotong rumput, mengangkut sampah tanpa tuan, membersihkan got, saluran air, dan merompes pohon diseputar desa,” katanya.

Pelaksanaan kegiatan ini, melibatkan petugas kebersihan desa berjumlah 6 orang, dan juru pemantau lingkungan (jumali) berjumlah 2 orang. Petugas rutin setiap hari keliling desa.

Baca Juga :  Sosok Panutan, Calon Pengurus Tunjuk De Gadjah Ketua DPD PERIKSHA Bali

Untuk itu, dari hasil investigasi di lapangan terdapat jenis sampah yang dibersihkan antara lain rumput-rumput yang tumbuh didasar sungai, sampah plastik dan semak-semak yang tumbuh di pinggir sungai.

“Masyarakat di himbau untuk tidak membuang sampah ke sungai, dan ikut peduli menjaga kebersihan sungai sehingga tidak terjadi banjir atau genangan air,” pungkas Made Ada.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News