UGM
UGM Sabet Dua Gelar Juara Kontes Debat Mahasiswa. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Tim mahasiswa UGM berhasil menorehkan prestasi dari ajang kontes debat tingkat nasional 2022. Kali ini tim UGM meraih juara 1 Kontes Debat Mahasiswa (KDMI) dan juara 2 National University Debating Championship (NUDC).

Tim KDMI UGM yang digawangi oleh Jason Valentino Samvero (Fakultas Hukum) dan Ryan Kusnadi (Fakultas Teknik) berhasil mengharumkan nama almamater dengan raihan juara 1 Nasional KDMI 2022 usai tampil memukau di babak final. Tak kalah hebat, Tim NUDC UGM yang beranggotakan Reinhart Timothy Antonio Siregar (Fakultas Teknik) dan Terre Thierry Tiomthy A. (Fakultas Hukum) juga berhasil bertengger pada posisi 2 Nasional NUDC 2022.

Baca Juga :  Lakukan Inovasi Berkelanjutan, HIG Luncurkan HIG Rewards

Tidak berhenti sampai disitu, rentetan penghargaan juga berhasil disematkan oleh para kontingen UGM. Beberapa diantaranya pembicara terbaik ke-2 kategori KDMI yang diraih oleh Ryan Kusnadi. Lalu, dari kategori NUDC antara lain 3rd best speaker oleh Reinhart Timothy Antonio Siregar dan 6th best speaker oleh Terre Thierry Thimothy A.

Tahun ini, rangkaian kegiatan NUDC dan KDMI dilakukan melalui zoom meeting dan digelar langsung di kanal YouTube Universitas Udayana sebagai tuan rumah kompetisi. Hasil proses penjaringan baik NUDC maupun KDMI yang dilakukan oleh Pusprenas dan LLDIKTI wilayah, tercatat 112 tim dengan jumlah peserta sebanyak 336 orang yang terdiri atas 224 mahasiswa pendebat dan 112 orang juri N1 berhasil melaju ke babak nasional.

Baca Juga :  Inkubator Bisnis ITB STIKOM Bali Raih Prestasi Gemilang, Jadi Inbis Terbaik Nasional dan Melangkah ke Australia

Adapun sistem debat yang digunakan adalah sistem parlemen inggris (British Parliamentary) yang biasanya digunakan dalam lomba debat antar perguruan tinggi tingkat dunia atau World Universities Debating Championship (WUDC).(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News