Jaya Negara
Jaya Negara Ngeratep Petapakan Ida Bhatara di Pura Dalem Kahyangan Desa, Desa Adat Pohgading. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Jaya Negara hadiri Karya Ngeratep, Melaspas, lan Pasupati Petapakan Ida Bhatara di Pura Dalem Kahyangan Desa, Desa Adat Pohgading pada Jumat (16/9/2022).

Turut hadir dalam upacara tersebut Anggota DPRD Kota Denpasar, I Nyoman Gede Sumara Putra, Bendesa Adat Poh Gading Desa Ubung Kaja, I Gusti Ngurah Ketut Suparta, Camat Denut, I Wayan Yusswara, serta undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Jaya Negara pun turut melaksanakan Ngeratep petapakan Ida Bhatara di Pura Dalem Kahyangan Desa, Desa Adat Pohgading.

Bendesa Adat Poh Gading Ubung Kaja, I Gusti Agung Ngurah Ketut Suparta mengatakan  bahwa saat ini dilaksanakan  upacara Mecaru Eka Sata ring setra, Ngeratep, Melaspas, lan Pasupati Petapakan ring Pura Dalem. Selain itu dilaksanaka juga pawintenan kepada Juru Canang lan Para Auban dan pada malam pukul 22.00 wita dilaksanakan Mesuci ring setra.

Baca Juga :  Sagung Antari Jaya Negara Buka Pelatihan dan Sosialisasi PMT Bagi Kader Posyandu di Sumerta Kauh

Lebih lanjut dikatakannya, adapun proses renovasi Gedong Pelinggih Ratu Ngurah Agung dan Ngayum Petapakan ini telah dilaksanakan sejak tujuh bulan yang lalu dengan melibatkan undagi serta seluruh krama banjar di desa setempat.

“Kami berharap setelah dilaksanakannya upacara Ngeratep dan Pemelaspasan ini agar kedepannya dapat dijadikan sebagai bahan renungan kepada generasi muda agar tetap selalu menjaga dan melestarikan adat dan budaya yang telah ada,” kata Gusti Ketut Suparta.

Sementara Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara disela-sela pelaksanaan upacara tersebut mengatakan selain untuk meningkatkan sradha dan bhakti masyarakat khususnya krama pengempon Pura Dalem Kahyangan Desa, pelaksanaan ini juga diharapkan mampu memancarkan energy dan aura positif di wilayah tersebut dalam menjalankan kehidupan sehari hari.

“Ini merupakan Dharmaning Agama dan Dharmaning Negara. Tentu kami berharap kedepannya dengan dilaksanakannya upacara ini agar dapat memberikan manfaat yang positif, baik secara sekala maupun niskala bagi masyarakat Desa Adat Pohgading dan Kota Denpasar,” kata Jaya Negara.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News