Sandiaga Uno
Sandiaga Uno Sampaikan Keunggulan Desa Wisata di Bali dalam Seminar Bhakti Desa Universitas Udayana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA., menghadiri secara virtual Seminar Bhakti Desa (SBD) ke V Tahun 2022 via Webex, pada Jumat (23/9/2022).

Dalam paparan singkat, dijelaskan bahwa desa wisata merupakan salah satu alternatif unggulan wisata alam terbuka yang sangat diminati. Menurut beliau, desa wisata menghadirkan pengalaman unik dengan ciri khas lokal, mempunyai atraksi daerah yang sangat kaya dan pelayanan yang berkualitas, sehingga mampu memberikan pengalaman baru dan kesan yang mendalam bagi wisatawan.

Baca Juga :  Serangkaian Acara WWF Ke-10, Bupati Giri Prasta Hadiri Upacara Ritual Segara Kerthi

“Pengembangan desa wisata saat ini melibatkan lima unsur, yaitu Akademisi, Bisnis, Komunitas Pemerintah dan Media. Strategi yang harus diimplementasikan dalam pelaksanaan pengembangan desa wisata menurut Menteri Parekaf adalah 3C yaitu Comitment, Competence dan Champion,” ucap Sandiaga.

Selain itu, Kemenparekaf juga mendorong pengembangan pariwisata yang berkonsep ‘NEWA’ (Nature, Eco, Wellnes, Adventure), yaitu menyatu dengan alam, berkelanjutan lingkungan, berkaitan dengan kesehatan dan pengalaman berpetualang baru seperti melakukan senam yoga di daerah persawahan. Konsep ini diharapkan mampu memajukan desa menuju kemandirian. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News