Kementerian PPN
Kementerian PPN Dorong Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/BAPPENAS), yang diwakili oleh Direktur Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi, Dr. Ir. Ahmad Dading Gunadi, MA., menyampaikan materi yang berjudul Strategi Pengembangan Potensi Desa Mendorong Peningkatan Kesejahteraan dalam acara Seminar Bhakti Desa (SBD) ke V Tahun 2022 di Gedung Auditorium Widya Sabha Universitas Udayana Jimbaran, pada Jumat (23/9/2022).

Dalam inti paparannya, beliau menyampaikan karakteristik dan kebijakan UMKM Indonesia, Transformasi Ekonomi Bali, Pengembangan UMKM melalui Konsep Keperantaraan Pasar dan Kemitraan, Pengembangan BUM Desa untuk Meningkatkan Perekonomian Lokal Pedesaan dan Potensi Peran Mahasiswa KKN dalam Pengembangan Kewirausahaan di Desa.

Baca Juga :  Unud dan Universitas Timor Jalin Kerjasama di Bidang Tridharma Perguruan Tinggi

“Kementerian PPN/BAPPENAS mendorong pendekatan UMKM yang berkelompok dalam komoditas tertentu, yang akan diteruskan ke proses rantai nilai yang terkoneksi dari hulu hingga hilir beserta kelembagaannya,” ucapnya.

Dalam kesempatan wawancara, beliau menyampaikan harapannya dengan adanya program dari kementerian tersebut, akan terjadi kesinambungan antara produsen hingga konsumen yang akan menimbulkan keuntungan yang dirasakan bagi kedua belah pihak sehingga proses pemberdayaan masyarakat bisa terjadi.

“Di samping hal tersebut, tidak terlepas juga adanya kontribusi dari bagian pembiayaan yang menjadi salah satu titik sentral dalam pengembangan potensi desa/produk unggulan desa, salah satunya adalah dari koperasi dan lembaga-lembaga keuangan non bank yang tersebar di Provinsi Bali,” tutupnya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini