ftp unud
Mahasiswa Prodi TIP FTP Unud Lakukan Evaluasi Suhu Awal Penyeduhan Teh Serai Wangi . Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Salah satu mahasiswa Program Studi Teknologi Industri Pertanian yaitu Ida Ayu Gede Satwika Candra Praba Sari lakukan evaluasi suhu awal penyeduhan terhadap teh serai wangi yang di produksi oleh PT. Karsa Abadi (Made Tea).

Penelitian yang dilakukan dibawah bimbingan Dr. Ir. Luh Putu Wrasiati, M.P. selaku pembimbing I dan Dr. I Wayan Arnata, S.TP., M.Si., selaku pembimbing II. Penelitian yang dilaksanakan ini mampu mengantarkannya mendapatkan Gelar Sarjana Teknologi Pertanian (S.TP.)

Teh Serai Wangi merupakan salah satu produk yang diproduksi oleh PT. Karsa Abadi (Made Tea). Proses pengolahannya meliputi Proses pemanenan serai wangi merupakan proses yang sangat penting, karena pemanenan dilakukan dengan pemangkasan secara hati-hati. Pemangkasan daun dilakukan ketika daun berwarna lebih tua (hijau tua) dan dimulai dari bagian pinggir sekitar 3-5 cm di atas pangkal daun, Setelah dipanen, serai wangi akan disortasi terlebih dahulu sebelum dilakukan pemotongan.

Selanjutnya, serai wangi akan dicuci hingga tidak ada kotoran yang menempel dan kemudian dilakukan penirisan di bawah sinar matahari hingga air di permukaan bahan baku hilang. Kemudian akan dilakukan pengeringan dengan menggunakan oven kompor yang sudah dipanaskan terlebih dahulu hingga diperoleh temperatur yang diinginkan.

Baca Juga :  Arah dan kebijakan FMIPA dalam Musrembang TA 2023

Setelah pengeringan selesai, bahan baku kering akan disimpan dalam container box. Sebelum bahan kering dimasukan ke dalam kemasan gusset foil pouch, akan dilakukan penimbangan sesuai dengan berat bersih produk. Kemudian akan dikemas kembali menggunakan kemasan karton lipat.

Selaku peneliti Ida Ayu Gede Satwika Candra Praba Sari mengatakan bahwa pada umumnya teh dikonsumsi dalam bentuk minuman dengan cara diseduh dengan suhu awal tertentu. Suhu awal penyeduhan berpengaruh terhadap sifat sensoris, fisik, dan kimia dari produk teh yang diseduh, sehingga dilakukan penelitian evaluasi suhu awal penyeduhan terhadap karakteristik fisikokimia dan sensoris Teh Serai Wangi. Suhu awal terbaik utk penyeduhan teh serai adalah 100°C.

Baca Juga :  LPPM Unud Gelar Focus Group Disscussion Renstra Pengabdian 2022-2026

“Perlakuan suhu awal penyeduhan dengan suhu 100ºC merupakan perlakuan yang menghasilkan produk teh serai wangi terbaik dengan kandungan komponen bioaktif seperti total fenolik 0,46 mg GAE/g, aktivitas antioksidan IC50 1.284,75ppm yang sangat baik untuk Kesehatan tubuh,” terangnya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini