ftp unud
Tim PPK ORMAWA Prodi TPB FTP Unud Rancang Sistem Pemasaran Digital Produk Olahan Manggis Ukm Gunung Sari. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana (Prodi TPB FTP Unud) yang terdiri dari 10 Mahasiswa dengan mengangkat topik Desa Sehat merancang kegiatan Perbaikan Kemasan, Pelabelan, dan Sistem Pemasaran Digital Produk Olahan Manggis UKM Gunung Sari, Desa Jelijih, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan.

Kegiatan ini didampingi oleh Dosen Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem yaitu Bapak Ir. I Wayan Tika, MP.

Baca Juga :  Unpad Selenggarakan Kuliah Umum Anti Radikalisme

Kegiatan Perbaikan Kemasan, Pelabelan, dan Sistem Pemasaran Digital Produk Olahan Manggis UKM Gunung Sari, Desa Jelijih, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan sedang berlangsung dan rencananya aka nada beberapa tahapan kegiatan yang dilakukan yaitu survey, pengadaan bahan baku pengemas, penyuluhan, proses pembuatan sistem, label, kemasan dan pendampingan, pemasaran barang jadi, pembuatan video serta melakukan monitoring dan evaluasi. Kegiatan dan topik ini diangkat oleh mahasiswa yang tergabung ke dalam TIM PPK ORMAWA karena Kemasan dari olahan buah manggis yang di produksi oleh UD. Gunung Sari dan Tunas Sari masih tertinggal dilihat dari perkembangan kemasan olahan pada zaman sekarang, Desaign label yang digunakan belum dapat memikat daya tarik konsumen serta Promosi yang masih terbatas dan belum menggunakan Pemasaran Digital (e-commerce).

Ida Ayu Kusuma Tri Handayani selaku ketua kelompok melaporkan bahwa tujuan dari diangkatnya topik ini adalah untuk Memberikan informasi dan pengetahuan tentang pengemasan dan pelabelan pada kemasan Sirup Manggis, di Desa Jelijih, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali serta digital marketing.

Baca Juga :  Catatkan Kinerja Baik, Pada HUT Ke- 32 Adira Finance Gelar Gebyar Adira Kreasi 2022

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat khususnya untuk Menambah pengetahuan dan pengalaman tentang pengemasan dan pelebelan pada Sirup Manggis,” ucap Kusuma Tri Handayani.

Pengetahuan ini bermanfaat sebagai usaha valuasi pada Sirup Manggis produksi di Desa Jelijih, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali. Dan diharapkan dengan adanya program ini dapat juga menambah angka jumlah produksi sirup Manggis di Desa Jelijih. dan juga adanya program ini dapat mengembangkan UKM Mitra agar dapat bersaing dengan yang lainnya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini