Denpasar
Komitmen Dalam Wujudkan City4forest, Pemkot Denpasar Bersinergi dengan World Research Indonesia. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Guna mewujudkan dan menguatkan komitmen program City4forest Kota Denpasar, Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana secara resmi membuka kegiatan workshop dari World Research Indonesia (WRI) di Hotel Hyatt Regency Bali, Kamis (1/9/2022).

Program City4forest ini merupakan kegiatan perencanaan pembangunan dan tata kelola kota dengan menggunakan konsep Nature Based Solution (NBA) atau konsep berbasis alam, dengan kata lain mempertimbangkan kesimbangan dan keselarasan moderenisasi kota dengan kelestarian alam yang tetap terjaga.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Asisten 1 Administrasi Pemerintahan, I Made Toya, Perwakilan WRI, Retno Wihanesta sebagai pemateri, serta jajaran kepala OPD terkait.

Dalam sambutan tertulis Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara yang dibacakan oleh Alit Wiradana mengatakan, Kegiatan Workshop ini mendukung perencanaan spasial berbasis alam di Kota Denpasar, yang merupakan komitmen Kota Denpasar khususnya dalam hal meningkatkan kapasitas SDM dan praktik dalam pengelolaan sumber daya alam perkotaan melalui penerapan program dan teknologi yang tepat.

Baca Juga :  Optimalisasi Kota Inklusif, Pemkot Denpasar Rancang Pelayanan Ramah Bahasa Isyarat

Kemudian dalam paparan materi city4forest oleh Retno Wihanesta menyampaikan perihal pengenalan konsep NBA, dan uraian permasalahan khas perkotaan yakni masalah banjir dan kurangnya ruang hijau. Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan dukungan pemerintah dalam pembuatan kebijakan, penerapan teknis pembangunan tertentu seperti rekontruksi lahan basah dan green roof, serta ekonomi dan investasi.

“Saya berharap workshop ini menjadi bahan kajian untuk pembangunan dan tata kelola kota melalui rencana kegiatan serta kebijakan-kebijakan untuk menjaga kelestarian alam di Kota Denpasar dengan spirit Vasudhaiva Kutumbakam yang diselaraskan dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali,” katanya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini