Ternak
Cegah Meluasnya Penyakit PMK, Babinsa Marga Dampingi Penyuntikan Vaksin pada Ternak Warga. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Babinsa Koramil 1619-06/Marga Desa Geluntung Sertu Ketut Suardana, Kodim 1619/Tabanan melaksanakan pendampingan terhadap Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPDT) yang diwakili oleh drh. I Wayan Dana untuk mengecek dan memberikan Edukasi serta pengobatan pada ternak sapi warga yang bertempat di desa geluntung kecamatan Marga kebupaten tabanan, hadir juga dalam kegiatan tersebut perbekel geluntung,kawil umabali, kawil geluntung kaja dan staf desa geluntung, pada Selasa (14/9/2022).

Pemerintah tengah gencar memberantas adanya wabah penyakit virus pada Hewan Ternak peliharaan masyarakat, penyakit mulut dan kuku (PMK) yang tersebar di berbagai daerah, penyakit tersebut tergolong penyakit menular yang rentan menyerang pada hewan berkuku belah/genap seperti halnya pada hewan sapi.

Baca Juga :  Badung Salurkan BKK dan Hibah Rp232 Miliar Lebih di Tabanan

Di tempat yang sama Babinsa Sertu Ketut Suardana menambahkan bahwa TNI selalu siap membantu pemerintah dalam mencegah dan menangani penyebaran virus PMK di wilayah binaan.

“Kepada warga yang memiliki ternak sapi untuk rutin membersihkan lingkungan kandangnya dan apabila ditemui ada hewan ternak bergejala PMK, segera laporkan, sehingga dapat segera ditangani guna mencegah penularan PMK terhadap hewan lainnya,” ujar Sertu Ketut.

Di konfirmasi secara terpisah, Danramil 1619-06/Marga, Kapten Inf I Nengah Sudiana menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu pemerintah dalam ketahanan pangan yang saat ini digalakkan oleh pemerintah.

“Karena itu kita bahu membahu bersama pemerintah menyelamatkan hewan ternak peliharaan masyarakat tersebut,” terang Danramil.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Duduk Lesehan, Nobar Timnas Bersama Ribuan Warga Tabanan

Selanjutnya, Dandim 1619/Tabanan, Letkol Inf Ferry Adianto, S.IP., menambahkan, penyebaran PMK saat ini sangat merebak di berbagai daerah, sehingga dalam hal ini Kodim 1619/Tabanan perlu adanya membantu pemerintah dalam mengatasi virus pada hewan ternak warga di seluruh wilayah Kabupaten Tabanan.

“Bahwa kegiatan pendampingan ini akan terus menerus dilaksanakan dan kegiatan tersebut dilaksanakan bukan hanya di kabupaten tabanan saja melainkan diseluruh daerah, sehingga wabah virus ini segera dapat teratasi,” tegasnya. (ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News