bupati badung
Bupati Giri Prasta saat menghadiri karya Mamungkah Ngenteg Linggih Padudusan Alit Weraspati Kalpa di Parahyangan LPD Desa Adat Kutuh, Kuta Selatan, Selasa (6/9/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Sebagai wujud dukungan atas keberadaan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) dengan tata kelola yang sangat baik, Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta menghadiri karya Mamungkah Ngenteg Linggih Padudusan Alit Weraspati Kalpa di Parahyangan LPD Desa Adat Kutuh, Kuta Selatan, Selasa (6/9/2022). Turut hadir Ketua MDA Badung, A.A Putu Sutarja, Camat Kuta Selatan, Ketut Gede Arta, Perbekel Kutuh, Wayan Mudana, Bendesa Kutuh, Nyoman Mesir beserta tokoh masyarakat Desa Adat Kutuh.

Pada kesempatan itu, Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta memberikan apresiasi atas terselenggaranya karya Memungkah dan Ngenteg Linggih di Pura Parhyangan LPD Desa Adat Kutuh Kuta Selatan, sebagai wujud hubungan harmonis antara sekala dan niskala.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Hadiri Karya Ngaben Nyekah Masal Desa Adat Sulangai

“Saya merasa bangga karena LPD Desa Adat Kutuh sudah mampu mewujudkan hubungan harmonis antara sekala dan niskala. Di niskala, LPD sudah melaksanakan upacara Mamungkah dan Ngenteg Linggih di pura Melanting Linggih Ida Betara Rambut Sedana, di sekalanya LPD Kutuh sudah menunaikan tugas dengan sangat baik sekali. Karena salah satu dari dari 122 LPD yang ada di Badung, LPD Kutuh merupakan salah satu yang terbaik,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa di awal berdirinya, LPD Desa Adat kutuh hanya memiliki modal Rp5.000.000, namun berkat tata kelola yang bagus, saat ini asset yang dimiliki LPD Kutuh sudah mencapai ratusan miliar.

“Ini luar biasa, man manajemen dan spiritualnya. Orang yang melaksanakan kegiatan disini bagus sekali, manajemen sudah menggunakan program dan spiritualnya selalu ingat dengan ida hyang rambut sedana. Ini kami jadikan salah satu role model LPD di Kabupaten Badung untuk sebagai tempat study tiru oleh LPD lain yang belum melakukan penyempurnaan dalam hal tata Kelola LPD. Yang baik harus kita tiru maju bersama bangkit bergerak berjuang bersama untuk membangun Badung yang kita cintai bersama,” ujarnya.

Sementara itu dalam rangka mendukung tumbuh kembang LPD di Kabupaten Badung, Bupati Giri Prasta mengungkapkan bahwa Pemkab Badung saat ini sudah melakukan kajian agar bisa memberikan penyertaan penguatan modal kepada LPD, berdasarkan klasifikasi LPD mana saja yang pantas diberikan penguatan modal.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Dukung Yayasan Usadha Belog Bali

“Tugas kami adalah bagaimana membangkitkan LPD dengan manajemen yang betul-betul dirubah, dengan tatanan yang lebih bagus lagi. Sehingga bermanfaat bagi anak cucu kita yang ada di wilayah desa adat sendiri, karena LPD merupakan wadah ekonomi masyarakat yang paling kuat. Bahkan LPD ini ada undang-undang No. 13 tentang Lembaga Keuangan Mikro sehingga LPD tidak masuk wilayah naungan Bank Indonesia dan tidak kena pajak. Ini yang harus kita kelola dengan baik, kita harus yakin dan percaya anak cucu kita kedepan akan bisa menikmati dan menjadi leader dari sisi ekonomi,” tegasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini