Asisten Ida Bagus Gede Arjana
Asisten Ida Bagus Gede Arjana saat membuka acara hari kunjung perpustakaan dari tanggal 26-28 September 2022, di Gedung Layanan Sastra Mangutama, Puspem Badung, Senin (26/9/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ida Bagus Gede Arjana, membuka acara hari kunjung perpustakaan dari tanggal 26-28 September 2022, di Gedung Layanan Sastra Mangutama, Puspem Badung, Senin (26/9/2022). Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung, dengan tema ‘Peran perpustakaan dalam dunia literasi mewujudkan pemikiran visioner tentang perpustakaan di era digital’.

Turut hadir Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Badung ,I Wayan Suambara, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung, Ni Wayan Kristiani, para pejabat di lingkungan Pemkab Badung serta peserta lomba.

Dalam sambutan Bupati Badung yang dibacakan Asisten I.B Gede Arjana menyampaikan, sebagaimana diketahui bersama dalam UU Nomor 43 Tahun 2007, pasal 1 ayat 1 menjelaskan perpustakaan merupakan institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, karya rekam secara profesional, dimana sistem yang baku ini, guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian informasi, rekreasi pada pemustaka.

“Perpustakaan tidak hanya suatu tempat transaksi pinjam meminjam buku, tetapi perpustakaan sekarang ini sudah bertransformasi dalam segala hal, salah satunya kita mengimplementasikan dalam kegiatan hari kunjung perpustakaan. Dirangkaikan dengan lomba-lomba yang dilaksanakan saat ini, merupakan implementasi mencerdaskan bangsa, disamping perpustakaan dijadikan sebagai tempat rekreasi yang nyaman bagi pemustaka,“ ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung berupaya merubah paradigma masyarakat bahwa perpustakaan gudang buku dan hanya tempat transaksi pinjam meminjam buku saja, akan tetapi perubahan paradigma sekarang perpustakaan merupakan tempat terjadinya aktivitas yang memberikan nafas kehidupan kepada pengguna maupun pengunjung perpustakaan.

“Harapan kami bahwa dapat meningkatkan minat baca masyarakat, terutama minat baca anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Sehingga menjadikan perpustakaan sebagai tempat pembelajaran sepanjang hayat menuju masyarakat Badung yang cerdas,“ terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung, Ni Wayan Kristiani mengatakan, tujuan dari kegiatan hari kunjung perpustakaan, selain untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke perpustakaan, juga meningkatkan minat baca masyarakat serta merubah mindset masyarakat terhadap perpustakaan tidak lagi hanya sebagai transaksi pinjam meminjam bahan pustaka saja. Adapun kegiatan yang dilaksanakan meliputi lomba cooking class tingkat PAUD, membaca nyaring tingkat SD, lomba karikatur tingkat SMP, bedah buku dengan judul building character, lomba karaoke tingkat kecamatan, Desa/Kelurahan serta mengapresiasi pemustaka yang rajin berkunjung ke perpustakaan.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini