feb unud
I Gusti Ayu Made Agung Mas Andriani Pratiwi Raih Gelar Doktor. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pada kesempatan yang berbahagia ini Promovenda I Gusti Ayu Made Agung Mas Andriani Pratiwi, SE., M.Si., menyampaikan Disertasi yang mengangkat topik tentang Kesejahteraan Pengerajin Perak di Kabupaten Gianyar.

Judul dari disertasi ini “Peran Literasi Keuangan dan Variabel lainnya Terhadap Keberlangsungan Usaha dan Kesejahteraan Pengrajin Perak di Kabupaten Gianyar”. Industri kerajinan perak saat ini berada pada kondisi stagnan bahkan cenderung mengalami penurunan terlebih dengan adanya pandemi Covid-19 sehingga apabila dibiarkan dapat berdampak pada keberlangsungan usaha dan kesejahteraan pengrajin perak.

Baca Juga :  UPT Perpustakaan Universitas Udayana Kembali Selenggarakan Workshop ScienceDirect

Populasi dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 235 unit usaha IKM kerajinan perak di Kabupaten Gianyar.

“Setelah dilakukan pemilahan sampel berdasarkan kriteria, yaitu perusahaan memiliki ijin usaha yang berada di bawah pembinaan Disperindag Provinsi Bali dan masih aktif dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya, maka didapatkan sampel akhir sebanyak 95 unit usaha IKM kerajinan perak di Kabupaten Gianyar,” terang Agung Mas Andriani.

Unit analisis dalam penelitian ini adalah perusahaan tetapi dalam menjalankan wawancara terstruktur, responden dalam penelitian ini ditujukan kepada owner/pengelola IKM kerajinan perak di Kabupaten Gianyar. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara terstruktur, dan wawancara mendalam yang dianalis menggunakan SEM-PLS dan analisis SWOT.

Sidang Promosi Doktor ini dilaksanakan secara Offline, dimana Promotor dari Promovenda ini adalah Prof. Dr. Drs. Made Kembar Sri Budhi, M.P., serta Kopromotor Prof. Dr. Made Suyana Utama, S.E, M.S. dan Kopromotor II adalah Dr. Dra. A. A. I. N. Marhaeni, M.S.

Baca Juga :  Mahasiswa KKN-PPM XXV Universitas Udayana Mengidentifikasi Potensi Pertanian di Desa Sekartaji 

Ujian ini dipimpin oleh Ketua Sidang yang pada kesempatan ini dipimpin oleh Koprodi, Prof. Dr. Ni Nyoman Yuliarmi, S.E., M.P. Promovenda merupakan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tabanan dan saat ini menjabat sebagai Sekretaris program Studi Ekonomi Pembangunan. Promovenda berhasil lulus ujian dengan predikat Memuaskan. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini