HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia
Penuh Semangat, Pemkab Tabanan Sukses Sambut Gempita HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Semarak rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan menjadi yang paling meriah dan paling luar biasa. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., saat membuka secara resmi penyambutan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, di Taman Bung Karno Kabupaten Tabanan, Rabu (10/8/2022).

Pembukaan yang telah dimulai sejak pagi hari tersebut, nampak telah dipenuhi oleh seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan yang kompak mengenakan busana berwarna merah.

Turut menghadiri, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, S.H., M.M., selaku Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Tabanan, Ketua DPRD dan Ketua Komisi Fraksi PDIP, Wakil Bupati Tabanan beserta Nyonya selaku Ketua GOW Tabanan, Sekda Tabanan beserta Nyonya selaku Ketua DWP Tabanan, Para Asisten Sekda, Kepala OPD terkait dan para CSR.

Meskipun penyambutan perayaan dibuka pada Rabu (10/8/2022) namun sederetan rangkaian kegiatan telah dimulai sejak tanggal 1 Agustus 2022 lalu, yang juga melibatkan partisipasi dari ribuan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan. Mulai dari kegiatan gotong-royong pembersihan jalan, pembersihan area kantor, pemasangan bendera hingga mengecat trotoar jalan. Dilanjutkan dengan ragam perlombaan yang telah digelar mulai 8 Agustus hingga 17 Agustus 2022 mendatang dan sebagian besar dipusatkan di Taman Bung Karno dan Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Dukung Kekompakan Warga Desa Sudimara Laksanakan Yadnya

Rentetan kegiatan yang berlangsung, disambut dengan antusiasme tinggi dari para ASN dan kepala perangkat daerah. Terbukti, kedua lokasi pelaksanaan kegiatan, tak pernah sepi oleh kehadiran para peserta dan supporter lomba. Dan tak hanya ramai dengan perlombaan, para ASN baik yang sebagai peserta ataupun para pendukung, sangat semangat untuk saling pamer yel-yel antar OPD dan menunjukan kebersamaan dalam memberikan dukungan. Dibuktikan juga pada hari ini, Ribuan ASN turun untuk bersama-sama menggerakkan Senam Sicita secara massive dan dilanjutkan dengan senam Zumba.

Bupati Tabanan, Sanjaya, sangat mengapresiasi kebersamaan yang tercipta dalam menyambut kemerdekaan ini, terutama hampir keseluruhan acara telah berlangsung dengan kemeriahan dan sukacita.

“Ini sangat membanggakan buat kita semua di Kabupaten Tabanan, Saya lihat baik di media sosial maupun berita manapun, tahun ini Astungkara Tabanan dalam memperingati Hari Kemerdekaan yang ke 77 Saya lihat yang paling meriah dan paling luar biasa, baik dari semangatnya, kekompakannya dan gotong-royongnya, ini sangat membanggakan buat kita,” ujarnya.

Pihaknya menekankan, segala hal yang dilandaskan dengan kemauan dan tujuan yang baik, penuh dengan tulus ikhlas, rasa kekompakan, gotong-royong dan semangat, dapat bisa mewujudkan apapun di Tabanan.

Baca Juga :  Bupati Sedana Arta Rotasi Sejumlah Pejabat di Lingkungan Pemkab Bangli 

“Ini merupakan kebangkitan untuk menyongsong Visi Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani,” sambungnya.

Baginya sangat sesuai dengan tema HUT ke-77 RI, yakni Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat juga sebagai pencapaian bagi Tabanan yang menurut laporan Dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19, menjadi salah satu Kabupaten di Bali yang terbaik dan tercepat dalam melaksanakan vaksinasi.

“Ini semua bukti, dengan gotong-royong dari semua pihak, semua bisa kita lakukan, membangkitkan UMKM dan juga membangkitkan Ekonomi Kerakyatan,” ucap Sanjaya.

Hal tersebut tentunya juga merujuk pada 20 Pelaku Usaha Kuliner dan 4 Pelaku Usaha Pertanian dari IKM dan UMKM di Tabanan yang digandeng oleh Pemkab Tabanan untuk memasarkan produk mereka mulai tanggal 8 hingga 11 Agustus mendatang, guna meramaikan semarak kemerdekaan ini di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan. Semarak kegiatan ini, diakuinya, tidak hanya di Kota Tabanan saja, tapi hampir di seluruh 133 Desa di Kabupaten Tabanan sangat bersemangat dalam menyukseskan HUT Kemerdekaan RI yang ke 77 ini.

“Perlu saya sampaikan, di Kabupaten Tabanan ini juga mengambil tema ‘Dari Kita, Oleh Kita dan Untuk Kita’ jadi apapun yang kita lakukan ini, seluruh semangat yang luar biasa, kekompakan, keceriaan dan riang gembiranya, membuktikan semangat kita dalam membangun Tabanan menuju Tabanan yang Aman, Unggul dan Madani, saya memiliki sebuah optimisme untuk bagaimana kita bangkit setelah 2,5 tahun terdampak dari pandemic,” papar Sanjaya.

Baca Juga :  Serahkan 45 Ton Beras untuk Warga Terdampak Covid-19, Gubernur Bali Minta Distribusi Segera

Pihaknya juga tak lupa mengucap terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam kelancaran rangkaian kegiatan.

Kegiatan dibuka oleh Bupati Sanjaya dengan pelepasan balon dan dilanjutkan dengan senam sicita dan Senam Zumba serempak yang diikuti oleh ribuan ASN yang hadir pada pagi itu, diteruskan dengan Lomba Karaoke Berpasangan antar OPD. Salah satu peserta mengaku sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan.

“Selain seru, kegiatan-kegiatan ini juga sebagai ajang berkumpul sekaligus refreshing, kita bisa ikut lomba, senam dan juga belanja kuliner macam-macam,” katanya.

Pada kesempatan itu pula, Bupati Sanjaya beserta Ny. Rai Wahyuni menyaksikan lomba karaoke antar OPD yang memasuki babak final dan yang tak kalah meriahnya, Ketua Dekranasda Tabanan bersama dengan Ketua GOW dan Ketua DWP juga ikut menyumbangkan suara emasnya di panggung Gedung I Ketut Maria yang membuat suasana menjadi semakin meriah.

Setelah itu, Bupati dan Nyonya tak lupa juga menyempatkan untuk berbelanja kuliner dan sekaligus berbincang dengan para pelaku usaha IKM dan UMKM yang berpameran di lokasi berlangsungnya acara.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini