Upacara
HUT Ke-64 Provinsi Bali, Bupati Tabanan Pimpin Upacara Peringatan di Kantor Bupati. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Dalam rangka memperingati Hari jadi ke-64 Provinsi Bali, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., pimpin seluruh ASN di lingkungan Setda Tabanan untuk melaksanakan upacara peringatan yang digelar di halaman Kantor Bupati Tabanan, Minggu (14/8/2022) pagi.

Turut mengikuti upacara, Wakil Bupati Tabanan, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, jajaran Forkopimda Tabanan, Sekda beserta Para Asisten Sekda, para kepala OPD di lingkungan Setda dan upacara juga diikuti oleh seluruh ASN di lingkungan Setda Tabanan.

Dalam upacara yang berlangsung dengan khidmat tersebut, Bupati Tabanan, Sanjaya, membacakan sambutan dari Gubernur Bali, Wayan Koster, di mana pihaknya menyampaikan beberapa poin penting terkait kebangkitan Bali setelah melalui masa pandemi Covid-19 hingga hari jadinya ke-64 ini. Termasuk penanganan kasus Covid yang dikelola dengan sangat baik dan cepat, hingga saat ini telah tercapai peningkatan kesehatan pada masyarakat melalui vaksinasi dan membuat Bali masuk dalam kategori terbaik penanganan pandemi Covid-19. (Vaksin 1 mencapai 105%, vaksin 2 mencapai 97% dan booster vaksin 3 mencapai 78%).

Peningkatan tersebut tentunya berimbas pada pertumbuhan pariwisata yang mulai bangkit, baik melalui kunjungan wisatawan mancanegara yang saat ini bisa mencapai 9000 orang kedatangan setiap hari dan wisatawan nusantara yang mencapai 10.000 orang kedatangan setiap hari. Hal itu tentunya membawa nafas segar bagi perekonomian di Bali.

Baca Juga :  Pantau Pelayanan Masyarakat di GSD, Sekda Alit Wiradana Ingatkan ASN Terus Tingkatkan Kompetensi di Era Digital

“Momentum yang sangat baik ini dapat kita pertahankan sekaligus tingkatkan seiring dengan semakin banyaknya event nasional dan internasional di Bali, terutama rangkaian pertemuan Presidensi G20, yang puncaknya berlangsung pada tanggal 15-16 November 2022,” ucap Sanjaya.

Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan, pencapaian Pembangunan Bali dalam perwujudan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana, Menuju Bali Era Baru, telah terwujud di berbagai sektor baik penguatan dan pemajuan Desa adat, Tradisi, Seni dan Budaya serta kearifan lokal Bali, dan juga mencakup perbaikan kualitas ekosistem alam serta pembangunan infrastruktur yang terkoneksi dan terintegrasi hingga kebangkitan pariwisata.

Baca Juga :  Hari Raya Kuningan, Bupati Tabanan Ikuti Persembahyangan Piodalan Kahyangan Jagat Bali Pura Luhur Pakendungan

“Kita patut bersyukur dalam situasi yang sangat sulit, keterbatasan anggaran akibat pandemi Covid 19, seluruh pembangunan infrastruktur yang strategis, bersejarah, fundamental dan monumental tetap dapat dilaksanakan akan selesai tepat waktu sesuai rencanya,” ujar Sanjaya.

Oleh sebab terpuruknya sektor-sektor krusial akibat Covid-19, menjadikan penataan ulang perekonomian Bali melalui konsep Ekonomi Kerthi Bali sebagai sebuah transformasi dalam menyeimbangkan struktur dan fundamental perekonomian Bali, serta mewujudkan Bali berdikari dalam bidang ekonomi telah dijadikan acuan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasonal dalam Menyusun Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali menuju Bali Era Baru: ‘Hijau, Tangguh, Sejahtera’ yang diluncurkan secara resmi oleh Yang Mulia Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo pada Jumat, 3 Desember 2021.

“Titiang mengajak Semeton Krama Bali sareng sami, agar tetap kompak, guyub, bersatu, gilik saguluk, parasparo, salunglung sabayantaka, sarpana ya, se-la sekata, seiring sejalan, bekerja sama dengan sama-sama bekerja, gotong-royong ,pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama, perjuangan bantu-binatu bersama, amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua, sebagaimana wejangan Yang Mulia Bapak Bung Karno, Proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia,” tambah Sanjaya.

Baca Juga :  FTP Udayana Selenggarakan Upacara Bendera Sebagai Pembukaan Rangkaian Acara HUT 38 Dan BK 28

Pihaknya juga turut mengajak agar seluruh masyarakat tetap tertib, disiplin dan penuh rasa tanggung jawab melaksanakan dan menyukseskan semua kebijakan dan program Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang akan diwariskan dan didedikasikan untuk generasi Bali di masa yang akan datang.

“Dirgayahu Hari Jadi ke-64 Provinsi Bali! Bali Dwipa Jaya,” seru Sanjaya.

Di akhir kesempatan, orang nomor satu di Tabanan tersebut, melakukan penyematan atribut kepada para paskibraka pengibar bendera yang bertugas saat itu dan akan bertugas kemudian pada Upacara 17 Agustus 2022 mendatang.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini