Marriot Group
Disaksikan Banyak Pihak, MoU PDDS dengan Marriot Group Resmi Ditandatangani. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Optimalkan peran dan kontribusi Perusda dalam meningkatkan PAD serta mewujudkan pembangunan daerah, Pemerintah Kabupaten Tabanan dibawah kepemimpinan Bupati Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE,, MM,, melalui Perusda Dharma Santhika, menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Marriot Group Hotel, terkait komoditi Buah dan Sayur, Senin (29/8/2022) di De Jukung Resto & Bar Tanah Lot Beach Tabanan.

Penandatanganan kerjasama yang juga ditandai dengan pelepasan produk Dharma Santhika ke Marriot Group, juga turut disaksikan oleh Guber Bali Wayan Koster, Kepala BI Perwakilan Bali, jajaran Forkopimda Tabanan, Pimpinan Marriot Group, Ketua Dekranasda Tabanan, Sekda dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan dan Dirut PD Dharma Santhika. Nampak juga saat itu, Manager DTW Tanah Lot.

Terkait perjanjian kerjasama ini, Gubernur Koster mengatakan hal ini merupakan implementasi dari Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang pemasaran dan pemanfaatan produk pertanian, perikanan dan industri lokal Bali.

“Diberlakukannya peraturan ini, diharapkan mampu mengangkat derajat para petani, para nelayan, para pengrajin, IKM dan UMKM Bali. Ini merupakan salah satu program inovatif unggulan dalam rangka implementasi visi pembangunan Bali yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali melaui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru,” pungkas Koster.

Baca Juga :  Cek Gigi Balita Secara Langsung, drg. Ida Mahendra Jaya Ingatkan Orangtua Larang Anak Konsumsi Makanan Mengandung Gula Berlebihan

Selain itu, pada prinsipnya dikatakan Gubernur Koster bagaimana menjaga keharmonisan alam, manusia dan Kebudayaan Bali. Agar alam Bali harmonis, survive dan berkelanjutan maka hidup harus saling menghidupi dan tidak boleh hidup egois sendiri.

Untuk itu, Gubernur Koster meminta seluruh jajaran agar memahami hal tersebut dengan berpikir cepat dan bertindak cepat guna membangkitkan perekonomian masyarakat dengan tetap menjaga Taksu Bali dengan nilai-nilai kearifan lokal yang Adiluhung.

Di kesempatan itu, Trisno Nugroho selaku Pimpinan BI Perwakilan Bali mengungkapkan kebahagian bisa menginisiasi serta memfasilitasi kerjasama pelaku usaha Bali dengan pelaku Bisnis yang ada di Bali. Pihaknya berharap, pelaku usaha mampu menjaga kualitas serta selalu meningkatkan kualitas produk.

Dimana saat ini, Marriot Group membawahi 24 Hotel yang tersebar di Bali dan juga akan membuka kerjasama-kerjasama lainnya. Untuk itu sangat diharapkan konsistensi dan komitmen dari seluruh pelaku usaha untuk selalu meningkatkan kualitas produk.

Selaku Kepala Daerah, Bupati Sanjaya merasa sangat bersyukur dan mengapresiasi sekali karena untuk kesekian kalinya Bapak Gubernur dan pimpinan BI Provinsi Bali telah menginisiasi dan memfasilitasi program kerjasama bisnis antara pelaku usaha lokal Bali dengan korporasi yang beroperasi di Provinsi Bali dan Tabanan.

“Terima kasih, matur suksema Pak Gubernur yang sangat peduli dengan Pemkab Tabanan maupun petani kita di Kabupaten Tabanan. Dan buat pimpinan BI juga, Pak Tri dan semua pihak terkait, suksema banget,” ujar Sanjaya.

 Disamping itu, Buah dan Sayur dikatakan Sanjaya merupakan dua komoditi unggulan yang dihasilkan Tabanan yang didalamnya terdapat harapan besar agar komoditi yang dikerjasamakan akan bertambah terus dari waktu ke waktu. Mengingat sebagai daerah agraris, Kabupaten Tabanan akan selalu berlimpah hasil pangan yang harus selalu dicarikaan akses pasar yang lebih luas, sehingga memberikan manfaat bagi para petani dan pelaku usaha lainnya menuju kesejahteraan dalam perekonomian.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Hadiri Sembahyang di Pura Dalem Khayangan Kedaton Desa Adat Kukuh

Dalam rangka mendukung kerjasama ini, tentu mewakili Pemerintah Daerah, Sanjaya sangat mendukung dan berkomitmen menjaga inisiasi yang sudah diberikan kepada Kabupaten Tabanan.

“Bentuk dukungan itu adalah dengan menjaga jaminan produk serta kesinambungan produksi. Untuk melaksanakan upaya ini, kami sangat membutuhkan dukungan semua pihak, khususnya pelaku usaha yaitu dalam menjaga kualitas produk unggulan Tabanan serta senantiasa merevitalisasi produk agar dapat mengikuti perkembangan agro teknologi agar memiliki daya saing sesuai era pasar global,” tegas Sanjaya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News