Bupati I Nyoman Giri Prasta
Bupati I Nyoman Giri Prasta saat hadir di Karya Ngenteg Linggih, Mapadudusan Agung, di Pura Dalem Kahyangan, Banjar Adat Nyelati, Desa Kuwum, Kecamatan Mengwi, Kamis (18/8/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta hadir nyaksiang Karya Ngenteg Linggih, Padudusan Agung, Menawa Ratna, Mapeselang, Ngusaba Dalem, medasar Tawur Balik Sumpah Utama di Pura Dalem Kahyangan, Banjar Adat Nyelati, Desa Kuwum, Kecamatan Mengwi, Kamis (18/8/2022) malam. Bupati sangat mengapresiasi semangat krama banjar Nyelati dalam melaksanakan Karya dengan tingkatan utama. Sebagai wujud bhakti dan dukungan terhadap pelaksanaan pujawali, Bupati menyerahkan secara simbolis Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar Rp1 Miliar dan secara pribadi Bupati juga mepunia kepada Sekaa Gong Wanita sebesar Rp10.000.000.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Badung, I Putu Parwata, Anggota DPRD Provinsi Bali, I Bagus Alit Sucipta, Anggota DPRD Badung, I Wayan Regep, Putu Alit Yandinata, Wayan Edi Sanjaya, Made Suwardana, Ni Komang Triani dan Made Yudana, Kadis Kebudayaan I Gede Eka Sudarwitha serta Camat Mengwi I Nyoman Suhartana.

Baca Juga :  Dukung Penyelenggaraan WWF Ke-10, Pemprov Bali Akan Gelar Upacara Segara Kerthi

Dalam dharma wecananya, Bupati Giri Prasta mengajak krama untuk bersama-sama ngrastiti ring ida bhatara, semoga Beliau memberi tuntunan sehingga pujawali berjalan lancar. Bupati juga berterima kasih atas semangat krama banjar Nyelati yang sudah bersatu untuk menggelar sebuah yadnya.

“Kami harapkan krama Banjar Nyelati tetap bersatu. Dengan bersatu setengah perjuangan sudah berhasil,” terangnya, seraya menambahkan, pihaknya akan komitmen untuk menuntaskan segala pembangunan yang direncanakan di Br. Nyelati ini.

Sementara Manggala Karya, I Gusti Bagus Kesuma Jaya, atas nama krama Br. Nyelati sebagai pengempon Pura Dalem Kahyangan menyampaikan, terima kasih atas dukungan dan bantuan dari Bupati Badung sehingga pembangunan maupun karya di Pura Dalem Kahyangan Nyelati dapat berjalan dengan baik. Dijelaskan, pembangunan Pura Dalem Kahyangan sendiri mendapat bantuan Pemkab Badung tahun 2017 sebesar Rp2 Miliar, ditambah Rp500.000.000 untuk melanjutkan penataan areal pura. Selain itu di tahun 2018 juga mendapat bantuan yang bersumber dari dana APBDes sebesar Rp2,8 Miliar untuk pembangunan di pura parhyangan serta di tahun 2020 melalui dana APBDes dibantu Rp446.000.000 untuk penataan kolam di sebelah Pura Dalem Kahyangan dan pagar besi. Total dana yang telah diterima krama Nyelati mencapai Rp5,6 Miliar lebih

Ditambahkan, semangat krama banjar Nyelati untuk ngayah dalam karya ini sangatlah tinggi, meskipun dilaksanakan oleh satu banjar dengan 82 krama pengarep. Kesuksesan karya juga tidak terlepas dari dukungan Bupati Badung yang memberi bantuan BKK sebesar Rp1 Miliar serta pemerintah desa Rp150.000.000. Mengenai dudonan karya, dimana puncak karya telah terlaksana pada buda kliwon matal, Rabu 17 Agustus 2022. Dilanjutkan pada Sabtu 20 Agustus 2022 ngeremek ring segara, penyenukan lan mekebat daun, Kamis 25 Agustus 2022 nyegara gunung, Jumat 26 Agustus 2022 nyineb lan nuwek bagia.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News